Wednesday, October 22, 2008

Cerita Lebaran

Duuuu.. lama sekali ngga ngupdate blog. Maafkyaan. Kelamaan libur kali pas Lebaran lalu, sampe-sampe, updatenya ngga jalan-jalan juga sampe sekarang. Huhuhuhu..

Lebaran lalu kami habiskan di rumah Nenek di Pasar Minggu. Meski yang nginep ngga semuanya tapi pas Lebaran tiba, semua datang jadi rame lah. Sementara dari keluarga besarku, Uti, Akung, Ate dan Om Ari plus Om Ardi mudik semua ke Djogdja. Ate sama Om Ari nyusul pas Lebaran hari pertama. Hiks, padahal pingin juga ke Djogdja, tapi belum memungkinkan. Insya Allah tahun depan Lebaran di Djogdja. Kalo bisa mah sebelum Lebaran, ada waktu juga untuk liburan kesana sekalian rombongan sama Ayah, Faza dan Danin, huehehehe..

Hari pertama Lebaran kami habiskan di Pasar Minggu, nerima tamu-tamu Nenek yang sebagian besar masih sodara. Trus malemnya, langsung deh ngacir semuanya ke rumah Nenek di Cisarua. Auuwww.. indahnyaa.. Udah diniatin lama memang untuk Lebaran ke rumah Nenek di Cisarua ini. Awalnya malah mau sekalian aja hari H-nya diatas. Cuma dengan berbagai pertimbangan, akhsirnya diputuskan malem baru berangkat. Kenapa malem? Nah, itu juga ngga jauh karena arah Puncak itu kan jadi langganan macet tuh kalo pas Lebaran begini. Entah orang yang mau ke Bandung atau wilayah lain, atau yang pingin sekedar libur Lebaran aja ke Puncak. Dan beneran brasa loh, kami melenggang dengan nyaman. Cuma sesekali agak tersendat tapi ngga sampe manyun karena macet.

Paginya, keluarga Uni I, kakak Ayah paling tua plus keluarga Yopi, sepupu Ayah, datang. Masih sangat pagi, sekitar jam setengah tujuh. Tujuannya juga sama, untuk menghindari macet. Kalo siang dikit aja, wah bisa-bisa baru Zuhur deh sampe rumah Nenek. Wah Faza seneng banget begitu Dika, kakaknya dateng. Lengket kemana-mana ngikuuuutt terus. Sementara Dika yang sudah kelas 6 SD, gaulnya seringan sama Bunda Ayu, adiknya Ayah. Hehehehe.. mulai remaja soalnya. Jadilah bertiga sama Faza sering kesana kemari barengan. Kalo ngga ya duaan aja sama Dika. Sampe Faza ngapalin sebuah lagu dari ring tone di hp Bundanya. Duileee.. lagunya itu lo, lagu 'Pocong' judulnya. Musiknya ajep ajep deh. Duuuhh..

Lumayan juga kami di Cisarua. Dateng Rabu malam, baru Sabtu pagi kami turun. TUrunnya pun pagi-pagi untuk menghindari kemungkinan jalur buka tutup di Puncak. Eh bener juga tuh, kalo saja kami turun lewat dari jam 9 pagi, kemungkinan besar bakal dialihkan ke jalur lain. Untunglah kami keluar jam 8-an, jadi masih bisa melenggang di jalanan biasa. Sementara, rombongan kendaraan yang ke arah Puncak mulai padat, bahkan sampe keluar pintu tol Ciawi, sudah brenti ti. Ckckckck.. Ngga kebayang deh..

Kami mampir dulu ke Taman Mini, ke kantor Bunda Ade. Lumayan, bisa menikmati fasilitas di Taman Mini. Kami milih naik kereta gantung, ngeliat akuarium air tawar trus ke museum Purna Bhakti dan nonton di Teater Imax Keong Emas.

Diantara sekian banyak yang kami pilih, di akuarium air tawar itu sungguh 'cobaan' deh. Orangnya buwanyaaakk banget. Apalagi kami kesana pas matahari persis diatas kepala. AC yang ada di ruangan aja ngga sanggup melawan banyaknya orang yang ada didalam. Ffuuiihh.. Kamipun pilih cepet-cepet keluar daripada berebut oksigen didalam ruang yang pengap.

Yang paling nyenengin tentu saja di museum Purna Bhakti. Ini museum isinya kado-kado buat Soeharto dan keluarga dari kolega. Juga foto-foto dari jaman SOeharto muda sampe saat berkuasa. Sebagian besar kado hasil tuker-tukeran dengan tamu negara lain. Ada juga kado nikahan Mba Tutut dari para Dubes. Banyak lah. Nah, enaknya sih karena ngga banyak pengunjung di museum ini. Barangnya sih bagus-bagus deh karena banyak yang asli bikinan daerah asal si tamu. Yaeyalah, secara ini kan kado waktu Soeharto masih berkuasa gitu loh. Hhmm.. entah yah, di seluruh Taman Mini, yang namanya museum itu dikit banget peminatnya. Kenapa yah? Padahal menarik lo museum itu. bahkan kami waktu itu rencananya juga mau ngelongok museum Iptek, cuma batal aja karena waktunya terbatas dan udah kecapekan. Saking minimnya peminat museum, sampe-sampe soal ini pernah dibikin laporan panjangnya sama temen kantorku.

Sampe rumah Nenek di Pasar Minggu, bener-bener udah lelah. Tinggal tidurnya aja. Hari Minggunya, kami boyongan ke rumah Uti di Cipinang. Soalnya ayahnya mulai kerja hari Senin. Meski aku masih cuti sampe Selasa, tapi tetep aja mesti ke Cipinang. Selain untuk berlebaran, juga untuk sosialisasi Danin sama Mala yang bakal njagain kalo aku udah mulai ngantor. Gimana lagi, yakin banget soalnya Mba-mba asistenku belum pada balik. Baru balik lagi akhir pekannya.

Soal Mba, selalu ada cerita pas abis Lebaran. Kali ini, meski tetep berdua, tapi salah satu asistenku ganti orang. Karena yang satunya memilih ngga balik untuk ngambil ijazah, maka ada pergantian pemain. Ngga papalah, yang penting ada asisten yang siap mbantu. Lagipula yang baru ini masih sodaraan kandung sama Mba yang lama dan udah pernah kerja pula.

Setelah dua pekan ngekos di rumah Uti, akhirnya baru akhir pekan lalu kami kembali ke rumah. Ohhh.. betul-betul home sweet home. Amboi..