Friday, December 11, 2009

Prof Dr Gulardi H Wiknjosastro, SpOG

Berbagi tulisanku di note facebook.
Thanks again, doc..

------

Prof Dr Gulardi H Wiknjosastro, SpOG
Share
Wednesday, November 4, 2009 at 10:37am | Edit Note | Delete

Dua hari lalu saya baru tau kalo dokter kandungan yang menangani dua kali kehamilan dan kelahiran saya, telah meninggal sekitar sebulan lalu. Ya, saya kaget, karena saya ngerasa belum lama baru ketemu beliau. Namanya Prof Dr Gulardi H Wiknjosastro, SpOG. Diantara pasien dan koleganya, panggilan sayangnya adalah Prof Gul. Selain praktik, Prof Gul juga masih ngajar di almamaternya, UI.

Kabar duka itu membuat ingatan saya kembali ke hampir dua tahun lalu. Waktu dokter menangani persalinan saya yang kedua. Tiga hari bermalam di RS, bukaan tak kunjung bertambah. Sementara masa kehamilan sudah hampir sampai waktu deadline. Tapi Prof Gul santai banget. Saya belajar santai juga dari Prof Gul saat persalinan pertama. Prof Gul menyilakan saya pulang, tapi tetep dikasi batas waktu. Seinget saya, batas waktunya hari Minggu, sementara saya diminta pulang hari Jumat. "Yaaahh.. bukaannya belum nambah nih. Pulang aja deh. Tapi kalo sampe Minggu belum mules, kesini ya..". Kira-kira begitulah..

Malemnya, brasa mules lagi, bahkan sampe ngga bisa tidur karena kebangun-bangun. Akhirnya mutusin balik lagi ke RS. Perawat terus kontak dengan Prof Gul. Baru paginya Prof Gul dateng. "Mules yaa.. Tapi ini kok bukaannya masih belum nambah juga. Coba deh diUSG lagi. Penasaran nih kenapa jalannya ngga mau buka-2 ya". Hhhmm.. hasil USG menunjukkan ada lilitan tali pusar di leher bayi dan ukuran bayi juga tergolong besar. Di sisi lain, deadline sudah terlewati. "Udah lewat nih waktunya. Jalan lahirnya juga bakal lama mbukanya kalo ada lilitan dan bayi besar. Tindakan ya..". Ngga lama berselang, kress krass kruss dan datanglah ke dunia, Danina.

Di tengah operasi, saya bilang ke Prof Gul, "Masih tetep bisa IMD kan Dok?". "Bisa, bisa.. Tenang aja..". Uuffhhh.. angetnya waktu bersentuhan sama bayi Danina, hehehe..

Prof Gul kudapat dari rekomen temenku. Dia termasuk golongan dokter yang 'anti cesar'. Maksutnya, akan mengusahakan semaksimal mungkin untuk persalinan normal selama ngga ada hambatan apapun sama bayi. Kalo urusan ibunya ngeluh ngga kuat sakit pas kontraksi, mmm.. jangan sampe minta cesar deh sama Prof Gul. Ngga bakal dikasi kali, hehehe.. Singkatnya, cesar hanya untuk emergency action gitu lah buat Prof Gul mah.

Ini juga bukan sekedar omdo loh. Kelahiran Faza hampir 5 tahun lalu nunggu 22 jam!! And you know, Prof Gul ngga pernah sedikitpun menawarkan tindakan cesar meski daku udah meringis-ringis nahan sakit. Kalo ngeluh sama perawat, paling ditanggepi dengan, "Kalo ngga sakit, bayinya ngga akan keluar dong Bu..". Uuuffhh.. Berhubung punya niat sama dengan Prof Gul, memaksimalkan usaha persalinan normal, maka jawaban itu kuanggap sebagai tantangan. Meski tantangan dalam kesakitan, hehehe..

Tiga jam sebelum Faza lahir, Prof Gul kembali meriksa. Dia cuma bilang, "Hhhmm.. dua jam lagi neh. Sabar ya..". Higs, daku udah nahan sakit, Prof Gul masih lempeng aja, hahaha.. Dan syukurlah, mendekati deadline 24 jam karena ketuban udah pecah duluan, Faza lahir. Abis njait luka yang diseling dengan ngobrol ngobril sama perawat yang membantunya, Prof Gul menyalamiku, " Selamet ya..".

Aiihh.. Prof Gul, saya terbantu sama Prof Gul yang sante banget itu loh. Terbantu juga sama ilmu Prof Gul untuk sabar dan tahan sakit. Kalo ada mitos2 yang berhubungan sama kehamilan, Prof Gul bisa menjelaskan dengan logika.

"Makanan apa Dok yang ngga boleh dikonsumsi selama hamil?".
"Makan aja semua. Kerang aja deh ngga usah. Udah kotor dan banyak merkurinya kalo kerang Jakarta".
"Katanya ngga boleh minum air es ya Dok biar bayinya ngga geedhe?"
"Ngga ngaruh lagi. Minum aja air es seember. Yang bikin bayi gedhe itu kalo air esnya dicampur sama sirup. Nah gula dari sirup tuh yang bisa bikin gedhe".

Dan banyak lagi deh obrolan santai tapi berilmu dari Prof Gul.

Selamat jalan Prof Gul. Perjuangan Prof Gul melawan limfoma maligna, kanker kelenjar getah bening, mungkin hanya hitungan bulan. Tapi perjuangan Prof untuk menolong ribuan, mungkin jutaan ibu hamil dan melahirkan sudah sangat lama. Juga murid-murid Prof Gul. Bahkan sejak sebelum saya lahir.

Semoga dilapangkan jalan kuburnya, diampuni dosanya dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah.

3 comments:

stania said...

Itu oomku, mbak Via. Kita manggilnya Om Gulce.

emakfazadanin said...

oouuww.. kokbaru tau sekarang sih stan. padahal kan aku sama prof gul udah luwamaaa banget. sebelum kamu di utkay deh rasanya.

iya, terkesan banget sama ommu stan..

swasti said...

Mba..,
aku lebih parah! Baru tau Prof Gul meninggal bulan ini. Boleh visit blog ku (http://perempuanbisa.blogspot.com/2010/12/in-memoriam-prof-dr-gulardi.html)sedikit banyak mirip kesan & cerita kita tentang beliau.