Friday, July 20, 2007

Semangat Timnas

Hari-hari kemaren, kantor rame banget kalo udah jam limaan sore. Apalagi kalo udah ada jadwal pertandingan Piala Asia, Tambah lagi kalo pas jadwalnya Indonesia main. Wah, nuansa nasionalismenya -ciieehh- jadi brasa bangeetthh, huehuehue.. Masing-masing siap dengan perlengkapan buat dipukul, ditepuk atau sekedar bekal suara aja. Seru lah. Suasana kantor jadi brasa kaya stadion mini. Yang lagi kerja ya terpaksa deh ngalah dulu barang sementara, hihihihi..

Sejak Indonesia main lawan Bahrain dan menang, itu gegap gempitanya luar biasa. Trus waktu lawan Arab Saudi yang kebetulan pas akhir pekan. Nah, waktu laga menentukan lawan Republik Korea itulah yang kemudian bikin tambah rame suasananya. Hari Rabu yang ditunggu itu brasa lama menuju sore, huehehe.. Pasukan kantor yang khusus diterjunkan ke stadion sama rombongan yang khusus nonton, sudah berangkat sejak siang hari. Penasaran banget liat penampilan tim kita ngadepin semifinalis Piala Dunia 2002 lalu. Gimana membuktikan keraguan sejumlah orang yang sebelumnya memprediksi bakal kalah jauh dari Korea. Uuuffhh seru pisan lah..

Mau ga mau, suasana Indonesia banget memang brasa sekali. Yang biasanya suka nyela-nyela kalo pertandingan antar klub Divisi I, sekarang berbalik mendukung penuh. Apalagi permainan timnas jadi gagah perkasa, sekuat tenaga ngimbangin pasukan Taeguk yang juga berharap bisa dapat poin kemenangan untuk nambah nilai mereka. Ah, ngeliat Bepe, Budi, Firman, Ponaryo, Richardo dan lainnya memang jadi ngeliat permainan yang ga kalah sama Korea. Apalagi ngeliat penampilan kiper kedua yang diturunkan di laga ini, Markus Ririhena. Berulang kali ia menyelamatkan gawangnya dari serbuan para pemain Korea. beradu di Korea, lari jauh ke depan, dijalaninya dengan semangat tinggi. Alhasil, meski kalah 0-1 dari Korea, banyak pujian dialamatkan pada Markus. Bahkan besoknya, nyaris semua media melansir Markus sebagai bintang lapangan malam itu. Hhhmmm..

Tapi tetep ada rasa kecewa memang karena gagal menembus babak perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Asia. Hasil yang dibutuhkan sih seri aja sama Korea. Tapi apa daya, Korea beruntung memperoleh satu gol liwat tendangan keras Jung Woo yang sempet kena kaki Ridwan, hingga akhirnya mengarah ke sisi kiri gawang Markus. Yaaahh.. mungkin memang belum saatnya.

Tapi terima kasih lo buat timnas yang sudah menularkan semangat kepada banyak orang. Yang tadinya ga suka bola, jadi tertarik untuk nonton. Yang suka nyela-nyela buruknya permainan timnas, jadi beralih memuji-muji. Supporter yang dikuatirkan bikin rusuh setelah kalah, juga tak terbukti. Meski di awal sempet ada kericuhan karena tiket susah banget didapat, tapi kalo boleh dinilai secara umum sih, ga terlalu meruntuhkan muka Indonesia yang dipercaya jadi salah satu tuan rumah bersama helatan kali ini.

Mudah-mudahan sejarah segera terukir dari timnas kita yah..

0 comments: