Monday, December 03, 2007

Ultah Ketiga

Sabtu lalu, Faza berusia tiga tahun. Dalam rangka itu, jauh hari kami rencanakan untuk merayakan ultah Faza kali ini di rumah karena pas hari Sabtu. Jadi yang diundang temen-temen main Faza sekompleks. Bukan seluruh kompleks ding, tapi yang ada di jajaran rumah kami dan yang berhadapan. Ada 20an rumah dan anak-anak kecilnya sekitar 25an. Plus temenku, Mba Lia yang kebetulan tinggal sekompleks dan rada jauh dari blokku, juga ikut kami undang.

Tak lupa kami juga ngundang Akung, Uti, Nenek, Bunda-bunda, Om-0m, semuanya deh buat ikutan di acara ini. Rencana acara yang kususun juga ga jauh-jauh dari acara ultah keduanya yang dirayaian di TPA Harapan Ibu tahun lalu. Mulai dari nyanyi-nyanyi, tiup lilin, potong kue, makan kue bareng sampe acara nyanyi-nyanyi. Undangan buat temen-temen dimulai jam empat sore.

Hari Sabtu itu, sejak pagi, kami udah mulai beberes. Dibantu sama para asisten di rumah, sejak pagi kami siapin keperluan dan perlengkapan yang belum ada. Tapi nyaris sih udah semuanya. Untuk kue ultah, aku pesen ke Tante Vita, yang kukenal setelah temenku ngasi tau alamat blog Tante Vita ini. Kebetulan pas rumahnya deket, jadilah aku mesen kesana. Makasi Tante Vit..

Siang harinya, bantuan asisten datang dari Cipinang. Mala spesial dikirim untuk ikutan mbantuin acara di rumah. Ayah Faza dapet tugas jemput Nenek karena Bunda-bunda yang mau dibarengin Nenek pada ga bisa dateng. Trus Uti sama Akung datang siang menjelang sore. Wah sejak pagi, Faza udah ga mau istirahat. Kesana kesini mulu. Siangnya juga engga mempan waktu kuminta tidur. Padahal kuwanti-wanti, "Kakak tidur dulu aja. Ntar kalo temen-temen datang tapi Kakak ngantuk gimana dong..". Eh ga mempan juga tuh. Ya sudahlah, akhirnya sesiang itu Faza ikutan mantau beres-beres di rumah. Nggelar karpet, nggeser-nggeser kursi dan meja, semua kukomando, hehehehe..

Abis mandi, Faza kudandanin pake baju yang dipake saat nikahan Bunda Kiki. trus udah dipesen supaya nanti kalo temennya pada datang, ga boleh malu-malu kucing. Meski sudah manggut-manggut, eh kok ya pas temennya pada dateng, Faza memilih malu-malu. Duh.. padahal mah kalo di rumah aja, hhhmmm.. suara nyanyinya sampe ke tetangga kali. Sampe sebagian besar temennya dateng semua, kamipun memulai acara ini. Aku yang buka acara ini sekalian ngemsi ceritanya, trus nyanyi Selamat Ulang Tahun, tiup lilin dan potong kue. Potongan kue disuapin Faza ke aku dan ayahnya. Trus abis itu, dibantu Uti, kue taart dipotong dan dibagi ke semua temen Faza, sekaligus para ibu yang nganterin anak-anaknya. Maem rame-rame. Seruuu.. Banyak yang belepotan karena sejak awal pada ga sabar nyicipin kuenya. Jadilah sejak sebelum acara dimulai, itu taart udah ditowel-towel buttercreamnya sama temen-temen Faza, huehehehe.. Namanya juga anak-anak.

Sampe kemudian Uti juga ikutan memandu acara kuis-kuisan meski ga pake hadiah. Secara Uti kan sudah terbiasa ya di TPA ngajar murid-murid. Jadi sempet kepleset juga tuh Uti nyebut 'bu guru', huehehehe.. Kebiasan soalnya.. Tapi semuanya seru. Abis acara, Kak Dika sama Bunda dan Bapak dateng. Ya udah, acara keluarga malem itu dirangkai dengan makan malem.

Cuma Ate dan Om Ari plus Om Ardi ga bisa dateng. Om Ardi yang di Djogja juga kami undang tapi lagi punya acara di Tawangmangu. Sementara Ate dan Om Ari sedag berduka karena ayahnya Om Ari meninggal Sabtu Subuh. Jadi Uti dan Akung ta'ziyah dulu sebelum ke rumah Faza. Begitupun dengan ayah Faza, ta'ziyah dulu mewakili keluarga kami. Pulangnya jemput Nenek itu tadi.

Semoga ayah Om Ari dilapangkan jalannya di kubur, diampunkan semua dosanya dan dikuatkan untuk keluarga yang ditinggalkan. Amien.

0 comments: