Friday, August 03, 2007

Djogdja #2 ; Ke Mirota Batik

Rencananya hari Jumat pagi kami mau ke Mirota Batik. Kebetulan Nenek pesen mukena untuk yang ngaji saat Bunda Kiki nikah. Ah iya, Bunda Kiki insya Allah nikah 25 Agustus nanti. Bunda ini kakaknya ayah Faza yang ditunggu-tunggu banget gong nikahnya. Semoga semuanya lancar. Amien.

Nah, karena aku ke Djogdja, jadi Nenek mendapuk sekalian supaya aku beli mukena batik yang make tas itu untuk kado para ibu yang nanti akan ngaji di nikahan Bunda itu. Kebetulan aku kan punya mukena batik asal Djogdja juga tuh. Nenek sudah liat danpingin yang model gitu juga. Nah di Mirota Batik itu kan banyak bangat modelnya. Jadi rencananya sih mau survey di Mirota Batik. Kalo harganya terlalu tinggi, ntar nyarinya tinggal nyebrang deh ke pasar Bringharjo, huehehe..

Ah tapi namanya liburan, penyakit males mandi mulai deh datang. Dari yag rencananya mau brangkat pagi-pagi jadi batal. Kebetulan juga pagi itu ada sepupuku dateng, jadi ya udah to, rencananya mundur jadi siang bada Jumatan. Nah, pas siap-siap, ada ponakanku yang nelpon, katanya mau dateng. Yowis, jadinya mundur lagi brangkatnya. Baru sekitar jam setengah lima sore kami brangkat.

Menikmati suasana sore Djogdja sungguh mengasikkan. Meski baru hari Jumat, jalan di belakang Malioboro sudah mulai macet. Apalagi disitu kan sudah dibagi dua jalur tuh. Satu ke arah Malioboro, satu lagi ke jalan Pasar Kembang. Ini jalan juga penuh nostalgia. Maklum, dulu tempat kerjaku di jalan ini. Huehehe.. iya, Radio Unisi dulu kan markasnya di Pasar Kembang. Jadi ngeliat suasana malem Pasar Kembang juga udah biasa lah.

Mirota Batik menebarkan bau dupa kaya biasanya, sejak di pintu masuk. Suasananya memang adem banget setelah toko itu direnovasi pasca kebakaran beberapa waktu lalu. Faza juga antusias begitu masuk Mirota Batik. Topi rajutan menarik perhatian faza karena bentuknya yang unik dan ada contoh yang dipasang di kepala sebuah manekin. Coba sana coba sini, Faza sampe teriak-treriak milih topi yang pingin dicobanya sambil ngaca. Sampe bikin pengunjung lain senyum-senyum, akhirnya sebuah topi rajut warna item bermanik-manik jadi pilihan.

Aku sendiri ngambil baju batik buat ayahnya Faza, trus sajadah batik. Sekalian contoh buat Nenek. Sapa tau bisa dijadiin suvenir nanti. Faza juga ga banyak rewel. Cuma minta susu ultra coklat trus kuminta duduk manis menungguku memilih-milih baju. Ditemenin Akung karena kebetulan Uti langi nganterin Laras, keponakanku beli tas, Faza lebih sering bertanya tentang banyak hal ke Akung. Mulai dari manekin di lantai dua yang keliatan jelas dari lantai satu, sampe ngomentarin baju yang kupilih.

Kami juga naik ke lantai dua, sekalian Akung pingin nyari bel yang biasa buat kalung sapi itu. Sampai di bordes, ada patung-patung yang menarik perhatian Faza. Meski tadinya takut, tapi setelah dijelasin, Faza nikmat-nikmat aja. Kebetulan di lantai dua itu banyak sekali pernik-pernik hiasan. Nah mataku tertumbuk pada mainan kupu-kupu yang terbuat dari bulu ayam yang biasa dipake jadi kemoceng. Trus ditancepin pake kawat ke sebatang bambu tamping. Hasilnya, kupu-kupu buatan ini melambai-lambai. Waktu Faza kukasi liat, wah.. antusias banget. Sampe teriak-teriak minta diambilin kupu-kupu yang berwarna-warni. Suaranya yang melengking bikin pengunjung lain pada senyum-senyum. Gimana engga, lha ngomongnya aja kenceng pisan.

"Yang ijo Ma.. Trus yang kunning, yang kuning itu Ma..", teriak Faza.
Sampe aku perlu ngasi tau, "Sssstt.. jangan teriak-teriak, Nak..".
Huehehe.. tapi tetep seru aja belanja gitu sama Faza. Meski mainan kupu-kupu yang dibeli juga engga bertahan lama. Lha baru sampe mobil, mainan ini udah ada yang putus. Walaahhh..

0 comments: