Monday, September 10, 2007

Demi Jalur Busway

Senin pagi tadi barangkali seperti kata temenku di SMSnya, "penuh petaka". Hhhmmm.. mungkin ada benernya juga. SMS tadi dikirim sebagai balesan dari SMSku yang mengabarkan kalo aku kejebak macet luar biasa di tol, nyari sejam lamanya. Olala, kenapakah Senin tadi begitu luar biasa. Nyatanya, ini memang tak biasa. Semacet-macetnya hari Senin, tapi kalo ada yang ngerasain seperti pagi tadi, pastilah merasakan hal yang extra ordinary itu.

Semua itu ternyata berasal dari sebuah proyek pengecoran jalur busway. Lokasinya di sekitar Prumpung. Seorang pendengar radioku menyebutkan daerah pastinya ada di depan kantor Telkom Jakarta Timur. Weiikkss.. Pantas saja. Macetnya berbuntut sampe kemana-mana. Sepanjang bypass tentu saja sudah jaminan macet. Sampe ke UKI, Kodam dan terus sampe di jalan tol Jagorawi, bahkan tol JORR. Duhaaaiii.. kenapa kiranya pengecoran itu dilakukan di hari kerja awal pekan? Pagi hari pulak..

Sepanjang jalan yang kulewati tadi, banyak sekali petugas Jasa Marga dan polisi disana sini. Mobil derek resmi milik Jasa Marga juga sudah nangkring di pinggir jalan, demi mengantisipasi jika ada mobil yang overheat karena kelamaan mantengin jalanan yang macetnya bikin puyeng, kesel dan sebel ini.

Dan akhirnya, kelelahan, rasa sebel dan puyeng ini berahir setelah kami berjibaku di pintu tol Cililitan untuk kemudian masuk ke tol dalam kota. Nah, itu sudah jauuuuhhh lebih lumayan daripada perjuangan yang kami tempuh sebelumnya. Malah boleh dibilang bisa ngebut karena lowong. Lha gimana engga lowong, wong kendaraan tertahan di pintu keluar UKI. Dan buntutnya pun sudah sampe kemana-mana. Tol Jagorawi entah kilometer brapa udah mandheg. Sementara dari arah tol JORR pun kendaraan ada yang dialihkan petugas tol untuk masuk ke tol Jagorawi. Jadi kami tadi sempet jalan gratis di tol.

Total sekitar dua jam deh perjalanan dari rumah ke kantor. Butuh waktu dua kali lipat dari biasanya. Sungguh pagi yang melelahkan dan mengesalkan. Tadi sore sempet melintas di jalur seberang proyek busway itu, hhhmmm.. sekitar 100 meter lah yang dicor. Lokasi pastinya ada di Prumpung, kalo dari arah kantor Telkom, yang ke kiri ke arah stasiun Jatinegara, yang terus ke Pisangan. Nah disitulah titik pusatnya. Baru sore tadi aja macetnya udah puwanjaaaang banget. Gimana besok pagi yah.. Ah entahlah.. Pemprov, ga tau deh, liat apa engga insiden akibat pengecoran yang engga bilang-bilang ini.

0 comments: