Thursday, November 15, 2007

Gerakan Moral untuk Nurdin Halid

Setelah FIFA minta PSSI untuk menggelar pemilihan ulang Ketua Umum PSSI, dan PSSI keukeuh mempertahankan sang ketua, yang muncul kemudian adalah -kalo boleh dibilang- olok-olok kepada PSSI. Juga kepada Nurdin Halid. FIFA beralasan, status Nurdin sebagai tersangka dan kini ditahan sudah cukup jelas untuk diganti. Tapi PSSI beralasan, FIFA salah dan tiadk membaca surat Presiden FIFA Slepp Blatter yang sebelumnya menyebut kalo urusan yang dihadapi PSSI ini diselesaikan di tingkat AFC, Asosiasi Sepakbola Asia. Tapi belakangan Blatter menyebut kalo PSSI mestinya nurut sama putusan FIFA. Di dalam negeri, Menpora dan KONI juga sudah minta hal yang sama. Desakan ini juga datang dari berbagai kelompok suppoter klub. Cuma yah gitulah, PSSI belum mau beranjak. Ada aja alasan yang dipake untuk mempertahankan Nurdin sebagai bos mereka. Nurdin Halid bahkan tegas menolak mundur. Katanya, meski Wapres atau Presiden sekalipun, tak bisa mengintervensi PSSI.

Padahal dari banyak artikel yang mengulas soal ini, banyak yang mengusulkan supaya PSSI menggelar Munaslub untuk mengganti Nurdin. Apa lagi sih yang ditunggu? Bahkan bekas pelatih timnas Benny Dolo juga berujar, kalo PSSI keukeuh dengan pendiriannya, maka taruhannya adalah sepakbola Indonesia. Indonesia akan dilarang main dalam event apapun yang digelar FIFA. Gerak gerik Indonesia juga akan sangat terbatas dalam urusan sepakbola. Bertapa tersiksanya bukan? Apa yang bisa diharapkan kalo sudah begitu? Kompetisi dalam negeri pastilah juga berkurang gregetnya karena kalopun ada pemain yang dipanggil masuk timnas, apa yang dituju? Cuma pertandaingan-pertandingan persahabatan kali kan? Ga mungkin kompetisi sekelas Pra Piala Dunia. Hhhmmm..

Sikap redaksi di kantorku juga pernah mengulas soal yang sama. Apa yang bisa diharapkan kalo organisasi tertinggi sepakbola sudah ternoda dengan sikap pengurusnya? Bahkan Ketua Umumnya sendiri seperti tak mendengar suara-suara protes ini? Bahkan pernyataan Wakil Presiden yang minta Nurdin mematuhi putusan FIFA juga seperti angin lalu aja? Kasian sekali sepakbola Indonesia. Lebih baik kalah di lapangan rumput daripada dikucilkan oleh komunitas sepakbola dunia kan?

Ga heran kalo kemudian banyak yang menyuarakan itu liwat berbagai aksi. Salah satunya situs ini. Digagas oleh Jakmania, para supporter Persija, mereka bikin gerakan moral untuk Nurdin Halid. Coba masuklah kesana. Ada banyak komentar yang muncul dari para fans klub-klub tanah air yang menyampaikan pendapat mereka. Semuanya satu suara, menuntut Nurdin Halid mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI. Apa lagi yang kau tunggu Bang??

0 comments: