Friday, November 02, 2007

Hari Melelahkan

Kamis kemarin jadi salah satu hari yang paling melelahkan pekan ini. Berangkat dari rumah pagi-pagi karena mau ada acara diskusi publik diluar kantor. Acara diskusinya sendiri sih dimulai jam satu siang. Cuma karena ini kerjasama dengan media lain yaitu Kelompok Tempo Media plus menghadirkan Wapres, jadilah mesti siaga sejak pagi untuk menyiapkan segala sesuatunya di lokasi. Yang jelas, urusan kantor kami adalah untuk keperluan on air. Sementara temen-temen Tempo yang bertugas tetek bengek, mulai dari urusan snack, dekor ruangan sampe ngurusin tetamu. Eh yang terakhir ini juga barengan ding sama kantorku. Dari kantorku, selain aku yang ditugasi jadi moderator teknis atau MC, ada enam temenku lainnya yang ikutan tugas di acara ini. Moderator diskusi sih bagian temen dari Tempo, Mas Wahyu.

Sejak sekitar jam 10 pagi, kami sudah stand by di lokasi. Temen-temen bagian promosi Tempo juga sudah ada disana. Ga brapa lama, Paspampres juga hadir untuk ngecek detil di lokasi dan seantero gedung, termasuk orang-orang yang ada di venue. Standar kalo VVIP ada di lokasi terbuka. Selain Pak Jusuf Kalla, ada juga Rizal Mallarangeng dan Syaiful Mujani yang duduk sebagai narasumber dai kalangan pengamat politik. Tema siang itu soal 'Tiga Tahun SBY-JK'. Rame lah diskusinya.

Diskusi berjalan lancar, sukses, ruangan penuh. Mereka yang hadir adalah mereka yang mendaftar lebih dulu. Sementara yang baru daftar hari itu juga, nunggu dulu sampe ada yang engga dateng, baru deh kursinya dikasi. Ada juga yang udah daftar tapi trus telat, ya ga bisa masuk karena Wapres datang tepat waktu. Aku sendiri dan temenku yang selalu koordinasi dengan moderator, praktis engga bisa kemana-mana. Yah lagian ga mungkin banget kan. Apalagi selama durasi diskusi ini kan seringkali berpindah dari moderator diskusi ke aku sebagai moderator teknis yang berhubungan dengan flow siaran.

Menarik, tambahan pengalaman lagi.

Sampe kantor, ffuuiihh udah lemes banget rasanya. Abis, dari pagi udah stand by di lokasi diskusi. Ndak taunya, pas ngecek imel, malemnya ada undangan pemaparan program 100 hari Fauzi Bowo di sebuah hotel. Karena dilimpahi tugas dari bos, ya sudah, aku ngajak dua temenku untuk nemenin datang ke acara itu. Untung malem itu ga terlalu macet, jadi perjalanan dari kantor ke lokasi tergolong lancar. Pas banget, kami sampe disana, acara belum mulai. Tapi ga nunggu lama-lama karena setelah Gubernur datang, acara langsung dimulai.

Kami ga ikut sampe selese karena sampe jam sembilan malem acara tanya jawab masih jalan. Jadi ya wis, kami niatkan jam sembilan untuk meninggalkan lokasi. Ga lupa, sudah ada beberapa catetan yang kupunya dari tanya jawab sesi sebelumnya dan sudah dijawab. Hhhmm.. malem itu lengang banget. Jadi ngebut naik taksi sampe kantor.

Ah, lelahnya. Tapi juga ah, banyak pengalaman dan hal baru yang kudapet hari itu..

0 comments: