Friday, December 22, 2006

Selamat Hari Ibu

Jadi inget masa yang sudah terlewati. Dahulu kala hingga hari ini. Ah, tentu bukan mau bermelankolis, mendayu-dayu dan semacamnya. Tapi supaya bisa berkaca, mencari tau apa yang sudah kuberikan selama ini. Meski tak mungkin menggantikan yang sudah Ibu berikan buatku.

Buatku, Ibu sosok yang tangguh dan sabar. Jaman dulu kala, ketika awal Babe bertugas di Makassar dan Barru Sulawesi Selatan, Ibu mencurahkan waktunya untukku dan Ate yang lahir di dua kota itu. Daku lahir di Makassar -dulu masih bernama Ujung Pandang-, sementara Ate lahir di Barru, sebuah kabupaten yang rada jauh dari ibukota Sulsel. Gaji Babe ga seberapa. Yah, namanya juga baru jadi PNS. Jadi tiap bulan mesti pinter membagi untuk berbagai kebutuhan, terutama kebutuhan kami berdua.

Sampe kemudian Babe pindah tugas ke Temanggung. 15 tahun lebih kami lewati di kota pegunungan di Jawa Tengah ini. Kalo sekarang ada yang nanya, dimana sih Temanggung itu? Maka dengan semangat daku menjelaskan dimana letak persisnya. Temanggung itu dekat kota Magelang dan Wonosobo. Kota tembakau, dingin, indah, bersih, selalu ngangenin. Kalo dari Djogdja mau ke Semarang, maka ketika di daerah yang namanya Secang, ada belokan ke kiri. Kalo ke Semarang terus. Kalo mau ke Temanggung, Wonosobo dan sekitarnya, belok ke kiri. Kami beranjak remaja dan bertambah satu adik laki di Temanggung. Om Ardi, begitu Faza memanggilnya. Ibu sudah mulai aktif kerja juga semasa itu.

Di Temanggung pulalah masa menjadi ABG kulalui. Mulai kenal yang namanya kegiatan ekskul sampe temen deket. Ciieehh.. Seru lah jaman itu. Dulu sih Ibu dan Babe ga pernah ngelarang kalo deket sama seseorang. Mungkin karena masih ABG, jadi yah, dianggep monyet-monyetan. Mmmm.. cinta monyet dan semacamnya kali yah. Nah, urusan ABG ini memang riweuh pisan. Tapi baru serius ngobrol soal ini tuh waktu SMU. Karena sudah bertambah umur, makanya diskusi soal pertemanan dengan lelaki juga makin sering. Apalagi jaman lagi deket-deketnya sama seseorang, hahaha.. Ibu dan Babe jadi lumayan sering berbagi denganku karena ngeliat si Mas ini memang sirius. Begitupun diriku, hihihihi.. Weeeeiiii, SMU gitu lo udah sirius-siriusan boww..

Dari Temanggung, Babe tugas ke Kendari Sulawesi Tenggara. Sekeluarga boyongan. Kendari dulu pasti beda dengan Kendari sekarang. Ah, jadi pingin kesana nih. Sampe kemudian daku kuliah di Djogdja, itulah pertama kalinya daku jauuuuuh dari keluarga. Sampe kemudian Babe pindah tugas lagi ke Jakarta, trus Padang, trus Medan, trus balik lagi ke Padang, hingga akhirnya ke Jakarta. Saat tugas di Padang yang pertama itulah ketauan kalo Ibu punya diabetes. Ibu selalu menemani kemanapun Babe tugas. Merintis dari bawah sampe seperti sekarang ini. Alhamdulillah..

Yang juga tak terlupakan adalah saat menyiapkan nikahanku. Ini pertama kalinya Ibu dan Babe mantu. Jadi siap-siapnya lumayan lah. Silang pendapat denganku sering banget terjadi. Dari urusan model undangan, baju, ah macem-macem deh. Bahkan pernah suatu ketika, aku dan Babe beda pendapat soal undangan ini sampe bernada tinggi dan bikin Ibu nangis. Aduh sedihnya. Pasti waktu itu daku keterlaluan deh sampe Ibu nangis. Maaf ya Mom..

Nah sekarang, statusku juga ibu. Daku banyak belajar dari Ibu. Soal anak, soal rumah tangga, soal sabar dan tangguhnya. Tapi rasanya daku belum sesabar Ibu. Masih sering 'meluap' dan meledak-ledak.

Ah, maturnuwun banget Mommy. Ga mungkin terbalas semua yang sudah Mommy kasi selama ini.

1 comments:

Redaksi TNCMedia said...

asyik ceritanya, asyik pindahan mulu!