Friday, June 08, 2007

Fenomena Kangen Band

Belakangan ini di kantor lagi seneng ngomongin Kangen Band. Yang pro dan kontra, ngangkat tema ini untuk didiskusiim. Tapi ya ga diskusi murni sih. Banyak yang nyela, tapi banyak juga yang mbelain. Hihihihiii..

Mungkin banyak yang sudah dengar soal Kangen Band. Iya nih, Kangen Band ini kan sekarang lagu-lagunya lagi banyak diputer yah (kabarnya). Band ini masih gress. Asal Lampung. Lagu-lagu mereka sudah masuk salah satu lagu yang jadi pilihan untuk nada tunggu dan nada panggil. Kabar beritanya, lagu mereka dinyanyiin mulai dari jajaran pengamen sampe ke ruang-ruang publik lainnya. Aku juga baru tau belakangan kalo ternyata Kangen Band ini dapet platinum untuk album pertama mereka. Artinya, sudah terjual lebih dari 150 ribu kopi.

Buatku pribadi sih, soal perjuangan mereka, salut. Mereka kebanyakan berasal dari kalangan yang boleh disebut marjinal. Perjuangan mereka untuk nembus pasar musik Indonesia pasti juga sudah jadi pertimbangan label industri musik dong. Tapi buatku, sekali lagi buatku ya, musik yang mereka tawarkan tuh memang ngga ada yang baru, ngga ada yang membuat hati mak deg, gitu. Berasa datar. Bahkan terlalu datar. Kurang asik untuk dinikmati.

Temenku -namanya Mus- berpendapat lain. Soal selera, masing-masing orang pasti punya pendapat beda dong. Dan itu sah aja bukan? Buat dia, ga ada tuh yang salah dengan musik Kangen Band. Liriknya gampang dicerna dan mudah diikuti. Musiknya? Yah, begitulah yang mereka tawarkan. Temenku yang lain -namanya Rez- punya pendapat lain lagi. Ia bahkan menyebut jenis musik yang ditawarkan Kangen Band ini sebagai musik sampah. Hhhhhmmm.. Ga lebih karena ga ada sesuatu yang unik dan manteb yang diberikan kelompok ini.

Urusan suka atau ndak suka memang jadi pendapat pribadi. Tapi sebagian besar trus sepakat pada satu hal : inilah industri. Yang dengan jelinya mencari jenis musik yang bakal laku di pasar dan mereka menemukan musik Kangen Band sebagai salah satu yang menjual. Hasilnya? Biarpun banyak yang kontra dan menghujat, Kangen Band bisa menempatkan diri di blantika musik Indonesia. Yang pinter, ya kaum label yang menemukan musik jenis ini. Kirain banyak yang ndak suka, ga taunya banyak ya. Bahkan Platinum sudah di tangan..

1 comments:

SKAONE said...

Maju teru buat kangen band moga moga semakin sukses dibelantika musik tanah air