Thursday, June 28, 2007

Pengaruh Sekolah

Meski Uti dan Akung sedang ke Djogdja dan Kudus, Faza tetep aja sekolah. Kemaren, aku dan ayahnya njempu Faza. Uti berangkat siang hari soalnya. Kata guru-gurunya, Faza mah ga protes meski ditinggal atau dipamiti Utinya. Jadi selama ini, meski Uti mau rapat atau ke dokter, selalu ga ada masalah untuk soal pamitan. Rasanya, itu karena banyak temen-temen yang sudah diakrabinya plus suasana sekolah yang sudah sangat dikenalnya.

Pagi inipun, Faza tetep sekolah. Tadinya rada ragu karena hujan yang datang sejak pagi, belum juga berhenti sampe jam 8 lewat. Saat reda sebentar, akhirnya ditetapkanlah niat untuk tetep nganter Faza ke sekolah. Nah, kendala berikutnya yang dihadapi adalah soal transportasi. Berhubung badanku masih rada lemes karena morning sickness, niatnya nganter Faza naik taksi. Kalo nyetir sendiri kuatir lemes itu tadi. Tapi niat tinggallah niat. Hujan yang sempet reda berubah jadi deres lagi. Sementara taksi ga kunjung datang. Maklum, ga jauh dari rumah Uti itu termasuk daerah rawan genangan air. Dan bener aja, kata Mala yang abis dari pasar, kawasan langganan genangan air itu sudah terendam. Wah, kalo begini mah, ngarepin taksi juga pasti bakalan lama banget. Ya sudah, niat dibulatkan. Aku nyetir mobil!!

Sejauh ini sih Faza sudah ngerti banget kalo emaknya lagi nyetir. Apalagi kalo cuma berdua denganku, Faza biasanya tak banyak rewel. Pagi tadi pun sama. Faza memilih duduk di belakang supaya bebas melihat sekelilingnya. Deket sekolahnya, barulah Faza minta pindah depan. Urusan begini sih Alhamdulillah, sudah bisa dilakukan Faza sendiri tanpa mengganggu konsentrasi nyetirku.

Nyetirku juga pelan-pelan. Apalagi hujan masih mengguyur, jadi pas lah. Sampe di sekolah, temen-temen Faza sudah mulai main. Jam makan paginya jam 9 soalnya. Meski Faza sudah makan dari rumah, tapi biasanya di sekolah tetep makan lagi. Cuma tadi pagi, mungkin karena liat temen-temennya udah bercengkerama, jadi tawaran makan pagi tambahan di sekolah ditolaknya. Setelah ganti baju seragam sekolah, Faza memilih gabung sama temen-temennya. Emaknya mah udah ditinggalin gitu aja..

Begitupun saat aku mau berangkat ke kantor, Faza juga ga masalah. Cuma ada kakak kelasnya yang udah lulus dan sekarang di TK, namanya Anita, yang mbujukin Faza untuk makan lagi. Faza sih cuma bilang pingin main bola. Eh tapi begitu kak Nita ini 'mengancam' mau brangkat sekolah, eh kok ya Faza nurut diajakin maem lagi. Bersamaan dengan itu aku brangkat, Faza sama sekali ga ada masalah ketika cium tangan dan melambaikan tangan.

Betul kata Uti, sekolah berpengaruh banyak buat perkembangan Faza.

0 comments: