Tuesday, October 16, 2007

Lebaran #2 ; Malem Takbiran

Hari H Lebaran kami lewati di rumah Nenek. Kami berangkat Jumat pagi, berbarengan dengan ultah Om Ardi. Hari itu aku mulai cuti. Kami mampir dulu ke dokter THT untuk meriksain telingaku. Entah kenapa, dinihari pas bangun sahur, kok nun jauh di dalem telinga brasa ada rasa sakit yang menyengat. Engga teraba dari luar. Jadi bikin pusing..

Alhasil, ba'da Subuh, setelah yang lain tidur, aku malah engga bisa tidur sama sekali. Abis, nengok kiri salah, nengok kanan salah. Pusingnya itu yang menyumbang porsi terbesar bikin ga bisa tidur. Baru bisa tidur sekitar jam setengah delapan, itupun juga ga lama. Tapi syukurlah, sumber sakit yang tadinya ada jauh di dalem telinga, sekarang udah deket dengan telinga. Tapi tetep aja engga keraba. Jadi daripada gimana-gimana, diputuskanlah untuk ke dokter dulu sambil jalan ke rumah Nenek. Di RS THT Proklamasi itu, ketemu dokter yang udah sepuh banget. Pasien sebelum aku adalah bayi. Kata kakek dokter, ada infeksi di dalem telinga. Jadi aku dikasi obat tetes telinga dan antibiotik. Antibiotiknya ini dipilih yang bisa dikonsumsi sama ibu hamil usia enam bulan kaya aku. Tapi sampe rumah, cuma obat tetes yang kupake, sementara obat oral antibiotiknya engga kuminum. Alhamdulillah setelah dua kali dikasi obat tetesnya, sakitnya ilang.

Btw, waktu sampe di rumah Nenek, Nenek lagi masak dibantu Bunda Geni yang udah datang sehari sebelumnya sama Bang Herman dari Surabaya, sama tentu saja Bunda Ayu. Si Mba udah pulang sejak awal pekan. Jadi akupun ga brapa lama ikut bergabung untuk urusan dapur ini. Njagain Fazanya barengan antara aku, ayahnya dan para Bunda. Malemnya, aku sam aayahnya Faza ngambil lontong ke Cipinang. Waduh, engga dinyana sama sekali, jalanan yang kami lewati penuh banget. Kami pilih lewat tol menuju Cipinang trus turun di Jatinegara. Weh weehhh.. nyatanya di bawah, jalurnya juga lumayan padat karena banyak sekali rombongan takbir keliling yang make truk. Padet banget. Jalur yang ke Kampung Melayu dari arah pertigaan depan stasiun Jatinegara juga sudah ditutup. Kami mesti bersabar untuk dapet ruang melenggang.

Di rumah Uti, pesenan lontong baru diambil. Pesennya di Bambu Apus, tempat kami biasa mesen lontong kalo Lebaran. Lumayan jauh memang tapi ya berhubung udah terlanjur suka, jadi Uti mbela-mbelain pesen kesana. Yang ngambil Om Ardi, Mala sama Laras. Yang terakhir ini ponakanku dari Djogdja, datang bareng Om Ardi. Ngeliat situasi yang macet luar biasa, kami nelpon Om Ardi untuk pilih jalan tol aja daripada lewat bypass. Trus kuminta turun di Rawamangun aja daripada ketemu macet di pertigaan stasiun itu. Eh tapi ga taunya, kata Om Ardi, turun di Rawamangun juga ga kalah 'mengerikan'. Soalnya truk-truk pembawa rombongan takbir keliling itu juga melewati area yang sama. Waktu pulang, kami ngeliat memang situasi jalanan tambah macet. Betul, turun tol Rawamangun nyaris engga jalan karena di bypass, truk-truk itu pada brenti. Mending brentinya di tepi jalan, ini mah di lajur kanan sebelah separator busway itu. Duh, kebayang dong macetnya kaya apa. Di jalur satunya, truk-truk pembawa rombongan juga banyak banget. Mereka banyak yang brenti untuk ngasi kesempatan para penggembira yang mau ikutan naik keatas truk. Ada yang bawa bendera, ada yang sambil bawa alat musik, macem-macem deh. Belum lagi jalanan juga padet karena banyak mobil dan motor. Mungkin mereka mau silaturahmi atau sekedar menghabiskan malam takbiran di jalan.

Sampe rumah Nenek, sudah ada Bunda Ade. Faza belum juga tidur boww.. Padahal mah udah jam sepuluh lewat. Mesti dirayu-rayu dulu sebelum akhirnya Faza terlelap dan bersiap sholat Ied di mesjid deket rumah keesokan paginya.

0 comments: