Tuesday, August 19, 2008

17 Agustusan

Dalam rangka 17an, seperti biasa, kompleks ngadain berbagai kegiatan. Dimulai dari tanggal 16 Agustus malem, ada kumpul-kumpul se-RT. Ngumpulnya di lapangan serbaguna yang biasa dipake buat main futsal atau volley. Undangannya sih setengah delapan, cuma yaaa.. karena aku nunggu Faza dan Danin tidur dulu, jadi ke lapangannya baru jam setengah sembilan-an. Itu juga sampe disana acara baruuuu aja dimulai.

Kalo untuk RW mah sebenernya udah mulai sejak sekitar dua bulan lalu. Isinya lomba-lomba olahraga. Mulai tennis meja, bulutangkis sampe volley. Tadinya pingin ikut semua *rakus ah*, tapi berhubung sadar diri karena operasi cesar belum lewat enam bulan, jadi ikut tennis meja aja. Mestinya sih beregu yah. Cuma pas hari H, kok ya cuma aku yang datang dari RTku. Entahlah, memang ngag ada yang ndaftar untuk tennis meja atau pada ngga bisa. Jadi waktu main tungga lawan RT lain, itu sambil harap-harap cemas nunggu partner untuk main ganda. Ngga taunya karean ngga dateng juga, ya udahlah, WO aja. Kasian juga manajer olahraga RTku udah kesan kemari ngajak ibu-ibunya untuk main tennis meja, eh ndak ada yang minat. Yowis.

Yang acara 16 Agustus malem ini, aku baru ikutan tahun ini. Tahun lalu engga bisa ikuan karena.. mm apa yah, lupa. Acara dimulai dengan menyanyi bersama lagu Indonesia Raya. Nah, acara ini berlangsung pas aku sama ayahnya Faza Danin dalam perjalanan ke lapangan. Jadi cukup mendengar sayup-sayup deh, hehehe.. Sampe sana, beberapa sambutan. Ada tiga atau empat meja yang disiapin buat menampung konsumsi. Satu meja lagi khusus untuk wadah tumpeng. Makanan yang siap diserbu itu baso, siomay dan rebus-rebusan. Gangku kebagian menyediakan baso. Itu abang basonya sekalian dipanggil di tempat. Jadi rangkaian mie dan bumbu-bumbu sudah disiapin di mangkok, trus baso sama kuahnya disiapin si abang langsung di gerobaknya. Ah, sayangnya mangkok yang buat baso ini dari styreofoam, hiks. Ga ramah lingkungan banget yah.

Kalo nurut yang dibilang para tetangga sih, tahun ini warga yang datang jauh lebih banyak. Jadi mau dibilang apa kalo dalam sekejap, dalam hitungan detik kali yah *hiperbola*, itu makanan udah ludes dinikmati, hihihihi.. Ngga ada cerita malu lah. Kalo malu mah ya lewat aja. Aku mbantuin ibu-ibu yang nyiapin baso. Ceritanya sih kami menyiapkan baso-baso itu dengabn mengguyur kuahnya. Tapi kok ya baru diisiin kuah dan mangkok-mangkok itu dijajarkan, ga brapa lama udah laris manisss. Walaahh.. Sampe kewalahan karena banyak banget penggemarnya. Akhirnya, aku beserta para ibu lainnya menyilakan mereka yang berminat menikmati baso untuk ngantri sendiri di sekitar si abang untuk diguyur kuah baso, hahaha..

Lumayan lah, malem itu bisa menikmati siomay dan rebusan singkong plus bajigur. Duh, bajigurnya enak deh. Selain rasa jahe, bajigur ini dihias juga dengan parutan kepala muda. Suegeeerr..

Paginya ada lomba-lomba untuk sekeluarga. Dimulai untuk anak-anak dulu. Undangannya sih jam 7. Jadi udah mewanti-wanti Faza sejak semalem supaya bangun pagi dan bersiap ikutan lomba. Faza berangkat duluan sama ayahnya. Sementara aku masih beberes, rencananya sih brangkat mbawa Danin. Cuma olala, pas mau brangkat, Danin pas ketemu jam tidur. Jadilah nenenin Danin dulu sampe Danin bobo dan ngga jadi mbawa Danin. Lagipula hari sudah semakin siang, lapangan pasti panas banget.

Eh sampe disana, ternyata Faza udah selesei ikutan lomba. Yang diikutinya lomba memakai sepatu dan ngipasin balon. Untuk lomba yang pertama, Faza juara satu. Uuuffhh.. sayang banget ngga sempet nonton. Sementara untuk lomba yang kedua, Faza ngga dapet juara. Itu juga kata si ayah, Faza mesti dirayu-rayu dulu supaya mau ikutan lomba. Entahlah. Faza kadang suka malu-malu gitu kalo di depan orang banyak. Kadang kalo dipaksa bisa nangis. Diihhh.. padahal mah kalo di rumah bisa melotot dan meninju tuh, hihihihi..

Emaknya ikutan lomba juga. Joget jeruk, masukkin benang sama lomba bakiak. Idiiihh.. ga ada yang menang boowww, hahaha.. Joget jeruk itu ceritanya si jeruk ditaro diantara dua jidat. Jadi lomba ini memag berpasangan. Udah mimpin pas putaran awal, eh pas balik, keburu-buru mau sampe finish, jadi deh jeruknya jatuh, aku sama pasanganku juga ngguling-ngguling. Bakiak juga gitu. Berdua sama pasanganku, kami memimpin di putaran awal, eh pas mbalik, satu bakiak malah menindih bakiak satunya, jatuuuh lagi dah. Kalo masukin benang itu juga bikin penasaran banget. Benangnya mah udah masuk dikit, eh begitu ditarik, kok ya malah keluar lagi dari jarum. Udah berkali-kali tuh. Setiap mau ngangkat tangan tanda selese duluan, kok ya benangnya bandel loh keluar lagi. Huhuhuhuhuu..

Tapi lumayanlah, Faza dapet kado seperangkat tas dan buku plus pensil plus penghapus. Trus masih dapet door prize lagi, dompet kecil yang bisa buat tempat handphone. 'Mayaaann..

0 comments: