Monday, August 04, 2008

Menepati Niat dan Janji

Kupenuhi niat dan janjiku untuk memberikan ASI Eksklusif selama enam bulan untuk Danin. Ah, rasanya waktu berlalu begitu cepat. Baru kemaren rasanya menikmati masa-masa awal menyusui Danin. Menikmati masa awal kerja sampe sekarang ini. Enam bulan itu brasa cepet yah.. Danin sekarang Sarjana ASI!!

Inget banget waktu mau masuk kerja. Sekitar tiga hari sebelumnya, persediaan ASI cuma seuprit. Tiga atau empat botol gituh. Duh, udah kuatiiiir banget. Takut engga cukup. Ah, perasaan klasik yang ngga cuma kurasain sendirian. Nyaris semua ibu menyusui yang bekerja ternyata punya perasaan yang sama. Ini menurut data UNICEF lo. Sungguh, ketika itu, aku udah tergoda untuk beli susu formula sebagai cadangan kalo ASIku ngga cukup. Huhuhuhuuu.. godaan itu beraaaat banget. Kutepis segala macam rasa dan keinginan untuk menambah ASI. Kubaca-baca lagi tentang ASI, kukuatkan lagi niatku untuk memberikan ASI Eksklusif buat Danin. Harus sukses!! Apalagi jaman Faza aku ngga sukses memberikan ASI Eksklusif ini. Perasaan 'kayanya ngga cukup' lah yang waktu itu bikin aku tergoda dan akhirnya luluh untuk beli sekaleng susu formula. Huhuhuhu.. maafkan Mama ya Faza..

Jadi, demi engga mengulang masa lalu, kuniatkan lagi dan lagi untuk kuat hati dan engga tergoda. 'ASI pasti cukup', begitulah tekadku. Aku berusaha banget untuk menepis jauh-jauh gambaran kaleng-kaleng susu, hihihihi.. Yang ada adalah pompa ASI, botol susu, botol kaca untuk nyimpen ASI dan perlengkapan lain buat nyimpen ASI perahan di kantor dan ASI di rumah. Apalagi awal-awal kerja, kami masih di rumah Uti yang tergolong sangat deket dengan kantor. Jadi kalopun ASI kurang, bisa lari bentar lah pulang, huehehehe.. Tapi sekarang kan sudah balik ke rumah. Perjalanan dari kantor ke rumah butuh sekitar sejam. Itu juga sempet jadi pikiran, gimana kalo pas persediaan ASI mepet atau bahkan kurang. Huuwwaaaaa.. Masa iya sih mesti pulang di tengah jam macet. Uuugghhh.. syukurlah itu ngga pernah terjadi. Cuma ketakutan dan kekuatiran biasa aja yang melanda ibu menyusui dan bekerja. Ciiieee..

Ah, sungguh, nawaitu itu bikin usaha jadi manteb. Perasaan 'ngga cukup' itu kadang masih muncul, apalagi kalo pas hasil perahan ASI cuma dikit. Suka kepikiran. Tapi untunglah, yang begituan ngga berlangsung lama. Kalo udah gitu mah, temennya ya cuma browsing banyak-banyak untuk mencaru informas lain. Ahaaayyy.. buat ibu menyusui, hormon-hormon penghasil ASI itu demikian pintarnya. Rasa stress, kepikiran kalo hasil perahan dikit, cuma bikin ASI macet karena hormon oksitosin penghasil ASI ikutan stress. Ajaib banget ya.. Jadilah lama-lama, aku ngga terlalu peduli lagi dengan hasil perahan. Maksutnya, ya ngga kepikiran banget bakal dapet brapa ml perahan hari itu. Dulu bahkan sempet pasang target, paling ngga, mesti 100 ml nih dapetnya. Hhhhmmm.. target semacam itu juga bikin produksi ASI seret. Abis, kalo dapetnya ngga sesuai target kan jadi pikiran juga to karena pas merah kan juga kebawa-bawa semuanya.

Hhhhmmm.. nyatanya rasa stress juga mudah saja diatasi, hihihihi.. Sekarang mah udah kebal rasanya sama yang namanya stress kalo hasil perahan dikit, hahahaha.. Semuanya dinikmati aja. Kalo perahan pertama dapetnya 25 ml, ya disyukuri aja. sambil ngga lupa berdoa semoga perahan berikutnya bisa dapet lebih banyak. Sambil merah, yang dipikirin bukan lagi jumlah, tapi muka Danin, muka Faza, gitu aja.

Syukurlah masa enam bulan ini terlewati. Tunai sudah janji dan niatan enam bulan lalu. Setelah sempat kuatir ngga bakal sanggup untuk menjalankan niatan ini, nyatanya bisa. Makanya itu seneng banget kalo berbagi pengalaman ini kepada pasangan muda lain yang mau atau baru punya bayi. Tetaplah memberi ASI. Yakinlah kalo ASI pasti cukup meski Anda seorang ibu yang bekerja. Eh, ini udah dikasi kesempatan untuk bikin audio diary. Jadi perjalanan seharian tentang ibu menyusui dan bekerja, mulai bangun tidur sampe pulang kantor. Ada tuh rekamannya, huehehehe.. Makasi ya sudah dikasi kesempatan. Kalo ada lomba tentang kisah-kisah macam ini, pasti ikutan nih, hihihihi..

Sekarang saatnya Danin berkenalan dengan rasa dan makanan lain selain ASI. Sambil tentu saja ASI masih tetap diberikan setidaknya sampe usia dua tahun. Dulu Faza sampe setahun aja. Inget banget, terakhir itu pas mau ngantor trus kusodorin nenen, Faza ngemut bentar trus dilepehin. Udah beda rasa kali yah karena udah kenal rasa lainnya, hehehe..

Trima kasih Danin, terima kasih Faza, terima kasih Ayah untuk dukungannya selama ini. Ah, jadi terharu nih..

0 comments: