Thursday, August 07, 2008

Anak Kos

Tadi pulang kantor, aku sama ayahnya Faza Danin nengok Faza di rumah Uti. Iya, Faza udah kembali ke kesibukannya semula, sekolah di TPA. Jadi sejak hari Minggu lalu nginep di rumah Uti di Cipinang. Ini bukan yang pertama kalinya lo nginep sendirian di Uti dalam rangka sekolah.

Kadang suka muncul perasaan bersalah karena Faza diinepin di rumah Uti Senin sampe Jumat. Ntar Jumat malem kita jemput dan akhir pekan kami nikmati di rumah. Bukan apa-apa kalo Faza nginep sana. Soalnya, kalo tiap sekolah nbrangkat dari rumah, kasian Faza. Mesti bangun pagi-pagi banget, mandi pagi-pagi sekali juga. Sekolah faza ini ada di kantor Uti di Depsos, jadi ngga jauh lah dari kantor. Pernah brangkat sekolah dari sini, di tengah jalan Faza ngantuk tapi engga bisa tidur. Duh, kasian banget. Jadi sampe di sekolah nangis deh. Nangisnya sih bukan ngrengek minta ditungguin, tapi karena ngantuk ngga bisa tidur itu. Jadi ngga nyaman lah pasti rasanya.

Faza sih udah ngerti banget kalo mesti ngekos di rumah Uti semasa hari-hari sekolah. Malah, kadang Faza yang antusias kalo mau nginep di rumah Uti. Kalo Nenek Pasar Minggu sih pesennya, supaya jangan bikin Faza ngerasa 'dibuang' karena diinepin di rumah Uti selasa seminggu. Siipp nek, alesannya mah pasti bukan itu. Ini semata supaya Faza bisa sekolah dengan nyaman. Kalopun pas Faza ngambek, yaaa.. ngga akan dipaksa juga untuk sekolah. Namanya juga masih semacam pre shool.

Meski namanya Taman Penitipan Anak, cuma TPA ini punya semacam kurikulum juga. Bahkan ada materi kelas yang dibedakan sesuai usia anak. Nah, itu dia tuh yang asik. Faza jadi punya tempat sosialisasi, belajar bekerjasama dan toleran plus mulai mengenal huruf, mengaji, menyanyi, menari bahkan hafalan Pancasila, huehehe.. Brasa banget lo hasilnya di Faza. Salah satunya, Faza sekarang kian suportif sama Danin. Kalo awal Danin lahir dulu, duuuhhh.. jealousnya brasa banget. Nah sekarang mah udah jauh berkurang. Bahkan ga jarang aku minta Faza ngajak main Danin kalo aku lagi ngambil ganti celana Danin pas pipis, atau hal lain. Danin mah seneng banget kalo ada kakaknya. Biarpun kakaknya nyiwel-nyiwel pertanda gemes, eh Fanin mah malah ketawa ketiwi. Seperti udah ada chemistry, ngerti kalo Faza itu kakaknya.

Ah, kalo begini sih rasa bersalah itu kalah sama rasa bangga. Apalagi kami biasanya dua hari sekali juga nengok Faza. Faza juga ngerti banget kalo semasa sekolah ini ngekos dulu di rumah Uti. Jadi kalo abis kami tengok dan mau pulang, ngga ada cerita rewel. Paling sesekali, tanda kangen. Besok Jumat jadwalnya Faza pulang. Ah, rasanya ngga sabar nunggu besok, hehehehe..

0 comments: