Monday, August 04, 2008

Berkenalan dengan Makanan Pendamping ASI

Ahhh seminggu rasanya cuma sedetik. Sembilan hari rasanya cuma sekelebatan. Hehehehe.. bombastis amat yah. Hhhmm.. iya nih, seminggu cuti, tau-tau udah masuk kerja lagi. Ah, tapi memang mesti begini sih yah. Cuti itu betul-betul kupake bermesra-mesraan sama Faza dan Danin. Ah indahnya duniaaaa, huehehehe..

Yang jelas, cuti itu sekaligus kupake untuk mengenalkan makanan pendamping ASI buat Danin. Yah, setelah lulus jadi Sarjana ASI, saatnya Danin menikmati makanan tambahan dan berkenalan dengan rasa. Yang kukenalkan sebagai makanan awalnya adalah buah pisang, pepaya dan bubur susu.

Mungkin karena baru pertama kali dan aku ngasinya terlalu banyak, jadilah pisang yang kusuapin ke Danin ngga bisa banyak dikunyahnya. Malah baru berapa suap, trus Danin tiba-tiba, hooeeekkk.. Muntah deh itu pisangnya. Ah, pasti terlalu besar dan banyak porsinya. Biar gimana, lambung anak seusia Danin kan masih minim. Apalagi ini pengalaman pertama setelah selama enam bulan ini full ASI. Ga ada yang lain. Eh ada ding waktu Danin sakit dan dikasi obat, huhuhuhuuuu.. Waktu dikasi pisang juga engga sampe lima sendok. Tapi eksesnya manteb banget. Tengah malem, Danin kentut. Pagi-pagi pas dibuka diapersnya, olalaaaa.. banyak banget pupnya, hihihi.. Kalo bubur susu, ini juga masih kaya ditolak sama pencernaan Danin. Kayanya terlalu kental deh, kurang air gitu lah..

Beberapa hari masih saja perut Danin seperti nolak kalo dikasi makanan pendamping ini. Sempet waswas juga, apa Danin ngga doyan atau lambungnya masih nolak makanan lain. Ah, tapi berdasar artikel-artikel yang kubaca, enam bulan memang saatnya memulai makanan pendamping ASI. Hhhhmmm, perlu ngubah strategi nih.

Baru hari keempat atau kelima cutiku, porsi yang kusuapkan ke Danin kukurangi lagi. Bahkan cuma seujung kuku lah, hehehe.. Tapi ngga masalah. Namanya juga masih belajar. Yang penting mulai kenal rasa dan makanan lain selain ASI kan?? Ah, rupanya ini dia soalnya. Danin makan dengan lahap. Meski cuma seujung kuku, tapi semuanya masuk. Ngga ada mimik eneg kaya mau muntah lagi kaya sebelumnya. Jadilah pisang dan bubur susu yang kukasi, semuanya bisa dilahap Danin. Meski engga banyak, tapi setidaknya proses belajar rasa sudah dimulai. Lagipula, perubahan strategi ini bikin Danin engga muntah lagi. Alhamdulillah.. Satu pelajaran berharga lagi yang kupetik, mengenalkan makanan pendamping ASI ngga perlu dalam jumlah banyak. Apalagi sampe ditarget semua prosi yang dihidangkan harus habis. Yang penting semua yang disuapin masuk. Lagian, kalo ngerasa kurang, bayi pasti bereaksi kan?

Ah senangnya ngeliat Danin mulai lahap. Terus belajar ya Nak biar makin jago maemnya. Danin paling suka kalo pas maem ditemenin kakaknya. Seperti udah ada chemistry dan ngerti banget kalo si kakak lagi disampingnya. Faza juga udah kian supportif. Segala hal yang dilakukan adiknya, kalo Faza pas ngga main, akan dengan senang hati ditemeninnya. Aku juga terus melibatkan Faza dalam kegiatan Danin. Kalo pas Danin pipis misalnya, aku minta tolon Faza nemenin Danin. Faza juga udah paham banget kalo lagi nemenin gitu, biasanya Danin akan diajak main-main.

Hhhhmmm.. tumbuh sehat selalu ya mutiara-mutiaraku..

0 comments: