Friday, November 24, 2006

Andy dan Marching Band



Namanya Andrew Hollis Dougharty. Tapi lebih dikenal dengan Andy Dougharty. Namanya makin dikenal belakangan setelah rencana pisahnya dengan sang istri, Titi DJ, yang seleb itu. Nah tapi ini bukan trus mau ikutan infotainment lo. Karena ngeliat Andy di berbagai tayangan sekarang ini, jadi inget aktifitas Andy di marching band.

Coba tanyakan pada mereka yang gila marching band soal Andy. Nyaris ga ada yang ga kenal. Apalagi mereka yang berkiprah antara tahun 1990an keatas. Nah, kebetulan daku adalah satu diantara sekian banyak penggila marching band, huehuehue.. Di kampus terutama, kian menjadi. Mulai dari pentas-pentas kampus sampe ikut kejuaraan nasional plus berbagai coaching. Nah, tau Andy juga dari ajang-ajang beginian. Bukan kenal pribadi trus jadi temen akrab. Bukan. Tapi ya karena Andy ini juga dikenal sekali dikalangan marching band karena aktifitasnya sebagai pelatih dan konsultan sejumlah marching band. Plus sering ketemu di ajang-2 marching band, jadilah tau doi.

Pertama sih daku taunya pas ada coaching clinic di hotel Savoy Homann Bandung. Daku diutus sama beberapa temenku untuk hadir mewakili marching band kampus kami. Andy waktu itu jadi presenter untuk kelas brass. Brass ini adalah alat tiup dari logam. Jadi mulai terompet, mellophone, baritone, bass dan sebangsanya masuk dalam kelompok brass. Diajari soal teknik-teknik bermain. Nah, mulai deh tuh tau Andy. Waktu itu, kelas perkusinya disampaikan Rene Conway. Kalo perkusi ini alat musik pukul. Mulai snare drum, trio tom-tom, bass drum, masuk di kelompok ini. Nama yang juga sangat dikenal di kalangan kaum marching band karena aktifitasnya yang senada dengan Andy. Nyaris selalu berpartner. Dan marching band didikan mereka nyaris selalu jadi nomor satu di kejuaraan nasional. Mulai dari MB Pupuk Kaltim, MB Telkom Balikpapan sampe MB yang lainnya. Suka penasaran, apa aja sih resepnya? Bahkan meski sudah sering berbagi di banyak coaching, teuteuuppp aja serasa ada yang beda.

Trus makin sering denger namanya pas kejuaraan Grand Prix Marching Band karena Andy nyaris selalu jadi salah satu juri. Trus juga pas kejuaraan Hamengkubuwono Cup I di Djogdja. Kalo ga salah tahun 1999 lalu. Andy jadi salah satu juri yang didatangkan khusus, bersama partnernya, Rene Conway. Daku sendiri seperti biasa, ngemsi di acara formal maupun pas kejuaraan. Jadi lumayan lah, ada kesempatan buat foto berdua Andy, huehuehue..

Eh namanya terus makin terkenal pas nikah sama Titi DJ. Suatu ketika pas Grand Prix Marching Band XIV (kalo ga salah), Andy juga jadi juri. Di salah satu hari, eh dia datang bersama pasukannya. Ada anak-anaknya. Trus kayanya sih ada Titi DJ-nya juga. Waaaa.. tau ndiri dong kaum marching band. Udah rame, mesti tambah rame lagi, huehuehue..

Dan sekarang, walah, doi lagi jadi sorotan yak.. Jadi kebayang masa-masa Marching Band dulu deh. Manteeebbb..

0 comments: