Thursday, November 09, 2006

Mudik #2 ; Kudus, Here We Come

Pas banget turun dari pesawat, rombongan Uti dan Akungnya Faza sampai dari Djogdja. Ada ate Yuli, om Ari, om Ardi dan Mala. Agak lama perjalanannya karena katanya salah satu mobil rewel. Ufffhhh.. Begitu ketemu, Faza tetap dengan lincahnya kesana kemari, mengitari bandara Ahmad Yani. Perjalanan menuju Kudus dimulai dari bengkel, saat mobil yang rewel, selesai diperbaiki.

Jalanan termasuk lancar. Tiba di Kudus, kami mampir dulu ke rumah embah putri alias buyutnya Faza. Rumah ini sudah lama engga ditinggali karena Embah lebih sering tinggal di rumah Budhe, sekitar setengah jam perjalanan dari rumah embah. Rumah Embah ini rumah lama, jaman Belanda. Tiang-tiangnya masih asli. Bahkan pintu tiga deret juga masih seperti aslinya. Pas disana, rombongan Paklik (adiknya Akung) sudah tiba. Jadi Faza ketemu sama Tante, Om dan Uti plus Akungnya yang lain.

Beranjak ke rumah Budhe untuk ketemu Embah, kami mampir dulu makan malam. Tempatnya, hmmm.. salah satu lokasi favorit kalo kami ke Kudus. Namanya 'lontong tahu telor' alias 'lontong setan'. Huehuehue.. Entah kenapa julukanya bisa begitu rupa. Mungkin karena jumlah lontongnya yang banyak. Atau mungkin karena abis makan itu jadi kuenyaaaang bangeeettt.. Lokasi favorit kami ini penjualnya masih terhitung temen Akung. Jadi Akung juga sekalian nostalgia. Lama ga ke Kudus, ngeliat si penjual, kok kaya tambah tua ya. Ah jelas saja dong. Terakhir ke Kudus kan sebelum menikah. Sekarang sudah ada Faza. Tapi tetep aja si penjual ini dengan lincahnya mengulek kacang, menuang bumbu dan mengiris-iris lontong dan isi lainnya dengan gaya yang nyaris ga berbeda dengan masa dulu. Juga masih sambil sesekali nyeka keringat di tengah prosesi ngulek bumbu.

Setelah kenyang, perjalanan ke rumah Budhe pun berlanjut. Jalanan sepanjang itu tak banyak berubah. Tak sabar juga rasanya ketemu Embah Putri.

Begitu sampe di rumah Budhe, waaaa.. serunya. Ketemu sepupu-sepupuku. Ketemu Embah Putri tentu saja yang penting. Kupeluk Embah cukup lama. Kuingatkan kembali Embah putri sama ayahnya Faza. Ah embah masih inget dong. Tapi waktu Faza mau kudekatkan ke Embah, Faza meronta dan nangis. "Takut..", katanya. Ah, ini memang pertama kali Faza ketemu Embah Putri saat ia beranjak gede. Dulu, Embah Putri nengokin pas Faza umur dua mingguan deh kalo ga salah. Jadi Faza mesti baru mengenal buyutnya saat sekarang ini. Nah daripada ngambek-ngambek mulu, jadilah akhirnya Faza ditanggap untuk joget. Ah tau sendiri, Faza sih awalnya memang malu-malu. Tapi begitu merasa aman dengan lingkungan sekitarnya, pasti ga akan nolak. Huehuehue....

Proses mengenalkan lumayan juga. Sampai malam itu kami pamit menuju tempat menginap, Faza masih belum mau salam sama buyutnya. Tapi lumayanlah, dia sudah mengenal wajah buyutnya. Jadi besok kalo datang, ga terlalu sulit untuk 'memaksanya' berani deket sama buyutnya, huehuehue..

Ffffuuiiihh.. Kudus, here we come..

0 comments: