Thursday, November 30, 2006

Asiknya Ngomik


Setidaknya tiga hari terakhir ini, aku kedatangan tamu di program yang kupegang. Teman baru dari komunitas komik. Isi komunitas ini memang mereka yang menekuni dunia komik. Bukan sekedar suka baca komik lo. Tapi bikin komik. Artinya, dari kertas putih kosong, mereka menuangkan ide yang ada di pikiran mereka. Menggambar dan menuliskan cerita dengan runut. Sampe berlembar-lembar halaman. Sampe ending yang mereka mau.

Aha, betapa asiknya membayangkan membuat komik. Sekaligus, betapa rumitnya. Coba, dari kertas kosong, trus mulai deh corat coret. Kalo menuangkan ide di awal-awal sih biasanya masih lancar. Tapi coba kalo tiba-tiba ide serasa brenti. Semangat menggambar dan melanjutkan cerita kan mesti digali lagi supaya ga patah di tengah jalan. Wadaauuww.. Kata temenku ini, banyak kejadian begitu. Membayangkan ide yang tertuang bakal sampe puluhan lembar, nyatanya cuma dalam hitungan jari. Aduh, pasti patah hati kali ya.

Nah, trus apa dong yang bisa bikin semangat tetep hidup? Tetep bisa mengembangkan ide cerita dalam gambar dan runtutan jalan cerita yang mengasikkan? Ternyata apa kata temenku. Resepnya, bagemana dia selalu larut dalam cerita. Jadi dia bisa mengalahkan segala rasa jenuh dan bosen karena dikepalanya selalu terngiang cerita yang bersambung dan bersambung dan bersambuuuung terus. Sampe ketemu ending cerita yang dia mau. Wahh, waaahh.. mesti puas banget tuh kalo selesei seperti tujuan yang dimau.

Ah tapi disisi lain, temenku ini bilang, komik Indonesia sekarang ini dapet tantangan yang luar biasa besar. Karya anak negeri mesti bersaing dengan komik Jepang yang biasa disebut manga, yang merajalela di berbagai toko buku. Pasti pernah liat dong gimana berserakannya manga di toko-toko buku, terutama toko-toko buku besar. Nah karenanya, salah satu untuk menyiasati persaingan dengan manga, temenku ini bilang, sebagian komikus Indonesia memilih jalur bawah tanah untuk distribusi komik-komik mereka. Kerennya, lewat jalur indie. Jadi katanya sih, di distro-distro, di toko-toko buku yang tak terlalu besar, dan beberapa tempat lagi yang memang bukan pasar utama. Fffuuuiiihh.. memang beginikah saingan dengan produk mancanegara?

Ah, jadi teringat sama komik pujaanku. Kungfu Boy.
Loh, sebentar, ini kan..
Haduuhh, manga juga alias komik Jepang juga.
Weleeehh..

0 comments: