Tuesday, November 14, 2006

Mudik #5 ; Rumba, Mangga, Ikan Bakar, Jakarta

Ga afdol rasanya kalo ke Indramayu engga makan rumba. Ini makanan kaya pecel. Cuma bumbunya bumbu kacang yang ada rasa asem dan kecutnya. Sayurannya mulai kangkung, kacang panjang, sampe kembang turi kalo ga salah namanya. Bumbunya itu yang bikin ketagihan, hehehe.. Diulek biasa, diciprat dengan air asem. Kayanya ada juga cukanya. Makannya pake daun dan krupuk pasar. Waaahh nyam nyam.. Apalagi di Indramayu ini, tukang jual rumbanya ada di depan rumah. Haduuuhh.. pasti godaan banget kalo sampe ga makan. Saking tergodanya, bahkan sodara-sodaraku itu kadang baru brenti kalo perut udah berasa panas dan ga nahan untuk ke belakang, huehuehue.. Tapi disitulah asiknya.

Lain rumba, lain pula mangga. Ini sih di Indramayu jadi salah satu yang khas. Bahkan nyaris tiap rumah disana punya pohon mangga. Termasuk di rumah embah. Sekarang sih ga terlalu banyak pohonnya. Tapi masih tetep berbuah. Nah, salah satu yang jadi sasaran ya rumah Budhe Ijah, kakaknya ibu. Pohonnya manteb-manteb, buahnya woowww.. apalagi. Bahkan di Indramayu ini sudah umum kalo pohon-2 yang ada di rumah warga ini dibeli buahnya. Tapi belinya sudah di awal masa pohon berbuah. Jadi ada semacam kontrak yang dibuat. Kalo nanti buah mateng, maka akan dibeli dengan harga tertentu. Banyaknya? Ya tergantung kesepakatan. Wiiiiyyy, asiiikk..

Di rumah Budhe sih ga perlu minta, pasti udah dikasi jatah, huehuehue.. Jadi tinggal menikmati aja. Kebetulan Lebaran kemaren, musim mangga juga. Jadi penuhlah kantong-2 plastik berisi mangga diangkut menuju Jakarta. Menggoda untuk segera dicicipi.

Menuju Jakarta sudah lewat tengah hari, kami sempat menerima kabar duka kalo ibunya babe yang lain -ayahnya babe punya dua istri- meninggal di Kudus. Saat di Kudus, kami sempat ke rumahnya. Embah putri waktu itu tergolek karena sakit. Babe merancang rencana untuk ke Kudus begitu sampe Jakarta. Sampe pesen-pesen tiket online juga. Dapet. Tapi belakangan babe ga jadi berangkat karena ketika sampe di Jakarta, dikabari pemakaman akan berlangsung pagi. Karena diitung-itung ga akan sampe di jam yang dijadwalkan, jadi batallah babe ke Kudus. Ucapan belasungkawa disampekan ke Pakdhe Fuad, putranya Embah Putri itu yang tiba di Kudus malam hari dari Jakarta.

Rombongan kami sempat bertemu dengan penuhnya lalu lintas yang juga mengikuti arus balik. Tapi lumayan lah, ga terlalu macet-2 amat. Meski ga seperti masa normal, tapi waktu yang sekitar lima jam kami tempuh, masih wajar lah. Diseling makan ikan bakar di rumah makan Babe Pantura (hehehehe.. kok jadi krisis identitas gini sih), yang sayangnya servisnya ga terlalu sigap dan ruangan ga terlalu bersih, kami menghirup udara Jakarta -tepatnya udara Cipinang Kebembem- sekitar jam 19.30.

Alhamdulillah. Tapi ketemu lagi dengan Jakarta berarti siap-siap ketemu lagi dengan kemacetan, dengan rutinitas Jakarta yang tiap hari sudah menunggu. Kerja, kerja, kerjaaaaa....

0 comments: