Friday, May 18, 2007

Berjuta Motor


Beginilah motor-motor yang ada di Ho Chi Minh City, Vietnam. Jumlah banyak banget. Dengan penduduk sekitar 6 juta jiwa, jumlah motor yang beredar mencapai 8 juta jiwa. Nah lo, kenapa bisa? Tentu saja bisa karena ternyata sebagian besar motor ini disumbang oleh para pekerja yang datang dari luar kota HCMC. Cerita soal banyaknya motor ini juga yang kubuat featurenya.

Ceritanya HCMC ini semacam kota metropolis yang jadi tempat mengadu nasib dan tempat bekerja mereka yang berasal dari luar kota terbesar di Vietnam ini. Para komuter ini biasanya baru pulang kampung sebulan sekali atau setahun sekali atau masa liburan panjang. Jadi di saat itulah jumlah motor di dalam kota berkurang. Pantesan pas wawancara sama pak pulisi disana, mereka bilang kewalahan mengaturnya. Pengendara motor disana engag wajib helm kalo di dalem kota. Cuma di beberapa ruas tertentu aja. Jadi andalannya ya topi sama masker. Kalo keluar kota, barulah wajib pake helm. Belum lagi soal harga motor yang masih terbilang terjangkau di kantong orang sana. Mulai yang harganya 4,5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah, Anda sudah bisa beli motor. Kalo mau yang eksklusif, ya ada juga sih yang harganya mencapai 50 juta rupiah.

Mungkin jumlah yang sangat banyak itu ngga terlalu keliatan di foto-foto ini. Tapi coba bayangkan, dengan jalanan yang hanya satu lajur di masing-masing jalur, kebayang ngga sih gimana padetnya? Di setiap persimpangan, klakson-klakson itu nyaring sekali terdengarnya. Waktu pertama kali mau nyebrang jalan, rada bingung juga karena kendaraan disana kan jalan di sisi kanan. Belum lagi mesti ngadepin begitu banyaknya motor yang seliweran di tiap arah yang kita liat.

Hhhhmmmm.. mencengangkan sekaligus mengagumkan..

0 comments: