Thursday, May 17, 2007

Cicipan

Ini beberapa jenis makanan yang sempet kucicip saat di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Foto sebelah ini adalah mie rebus ala sana. Kukudap saat makan pagi di hotel. Itu mienya adalah kwetiauw trus telurnya ada di dalem. Yah, ga beda jauh lah sama mie rebus ala Indonesia, huehehehe.. Sayuran ijo-ijonya juga kaya biasa. Kadang make sawi putih, kadang engga. Yang nyaris selalu dipasang di setiap masakan adalah daun seledri. Cuma disana mah rasa seledrinya pedes. Bentuk daunnya lebih kecil dari yang biasa ditemukan di Indonesia. Itu tehnya juga kaya biasa. Merknya -hhmmm.. bole nyebut merk lah ya- kebanyakan Lipton.

Kalo yang di sebelah ini, jenis masakan khas Nepal. Jadi waktu itu pas jalan berempat, dengan Mam Nayyar, Shakil dan Mohan. Nah si Mohan yang asal Nepal ini ceritanya kangen sama masakan negerinya. Jadilah, setelah dikasi tau Marcel -big brother itu- kalo ada resto Nepal, maka pas nglewatin resto itu, kamipun mampir. Sekaligus mbantuin Mohan untuk ngobatin kangennya, hihihihi.. Yang roti ini -aduh lupa namanya- dibuatnya dari tepung gitu. Mirip Chapatti, jenis roti yang biasanya ada di resto India. Trus yang merah-merah itu semacam kentang balado. Nah satunya juga kentang cuma dibumbu beda. Kalo sempet ke Ho Chi Minh City, mampirlah ke resto Nepal ini. Nama restonnya adalah Chautari, artinya tempat untuk rileks dan bersantai. Hhhhuuummm.. yummy laahh..

Lainnya, yah.. engga ada fotonya. Yang jelas, kalo di HCMC mah kebanyakan masakannya pedes dan asem. Saos toma dan saos sambel yang botolan gitu, pasti ada rasa asem-asemnya. Hhhhmmm.. kadang sampe ngilu saking brasa banget asem dan kecutnya. Masakan Indonesia? Hhhhmm.. engga nemu sih resto Indonesia. Yang ada resto Jepang, resto India trus resto China juga ada kalo ga salah. Tapi cukup asik lah bisa nyicip berbagai masakan. Apalagi di resto India yang nama restonya Bombay dan masang tanda 'halal food', hhhmmm.. ennyyyaaakkk banget. Masakannya kari-karian kaya masakan Padang. Trus ada juga roti-rotian macem roti dari Nepal ini.. Nyum nyum nyum..

0 comments: