Wednesday, May 02, 2007

Kangen Makanan

Pulang ke negeri sendiri, salah satu yang dikangenin adalah soal makanan. Setelah berjibaku selama setengah bulan untuk menyesuaikan diri dengan corak makanan Vietnam, saatnya kini mengobati kangen dengan makanan yang biasa kulahap.

Nah soal ini, yang dikangenin adalah mendoan. Huhuhuuu.. Sehari dua hari kali sih engga masalah. Tapi seminggu apalagi sampe dua minggu, aduuuhh.. kangen banget deh itu sama tempe berbalur tepung. Sama kaya Kak Aida, peserta workshop dari Timor Leste, dia bilang juga kangen banget sama yang namanya gorengan. Kalo pas makan, kita berdua suka berandai-andai dalam bahasa Indonesia,"Wah kalo ada krupuk atau ada gorengan, pasti enak banget nih..". Hihihi.. Angan-angan yang apa bole buat, jadi angan semata karena selama di Vietnam, ga pernah liat yang namanya krupuk. Apalagi gorengan. Jadi waktu tadi pagi sebelum berangkat ke kantor, digorengin mendoan, langsung deh kusaut dua biji untuk bekal.

Kalo bicara soal makanan, wah keinget pas di Vietnam. Makanan disana umumnya pedes dan asem. Biarpun saos tomat atau saos sambel, tetep juga ada rasa asem kecutnya. Udah gitu, kebanyakan kan mengandung jenis yang ga bisa kumakan tuh. Jadilah kami berempat, aku, Mam Nayyar dari Pakistan, Shakil dari Bangladesh dan Ahamd dari Brunei mesti memilah-milah lagi. Karenanya setiap makan bareng di tengah workshop, pastilah LO kami -big brother itu-, Marcel, menyempatkan diri menjadi penyensor makanan. Dia akan mencicipi semua makanan yang tersedia. Kalo aman, maka dia akan bilang,"Can, can..". Tapi kalo engga bisa kami konsumsi ya kodenya gampang aja,"Can not, can not". Jadi kami selalu menunggu 'green signal' dari Marcel setiap mau makan. Huehehe.. makasi Marcel.

Jadi sekarang saatnya menikmati makanan yang lama banget engga ketemu. Iya nih, disana kan gorengan juga engga ada. Apalagi mau nyari tempe mendoan. Susah boww.. tahu sih ada. Cuma modelnya ya ditumis bareng sayuran lainnya. Hhhmm.. tunailah kangenku pada mendoan.

2 comments:

Anonymous said...

sama! gue kangen nasi! dan makanan rumahan! hehehe... akhirnya belajar masak deh disini :D

ternyata burger dan pizza gak seenak nasi. kualat gue! :P

fitria martaniah said...

aduh stan.. urusan makanan memang bikin 'gawats'. 'untungnya' sih di vn, nasi masih jadi menu utama kaya kita. cuma yaaahhh.. mana ada gorengan maahh..