Thursday, May 10, 2007

Ditangkep Polisi

Ga ada firasat apa-apa saat berangkat ke kantor tadi pagi. Tapi entah kenapa, tiba di UKI, kami menemukan suatu hal yang rasanya diluar perkiraan. Biasanya sih kami lewat jalan itu juga biasa aja. Di deretan UKI situ, pasti banyak polisi yang jaga, karena lalu lintas di UKI kan pasti rame banget tuh. Jadi sejak di markas Kodam Jaya sampe ujung simpangan UKI, banyak angkot dan calon penumpang yang akan meneruskan perjalanan ke tempat masing-masing. Nah, pemandangan itu juga sangat biasa bagi kami.

Nah, pagi tadi juga begitu. Kebetulan di simpangan UKI itu pas lampu merah. Di depan kami ada polisi yang tengah mengatur angkota supaya ngisi jalur kosong yang ada di depan lampu merah. Eh ini angkot yang ditunjuk hidung itu pas nuruin atau naikin penumpang gitu deh, jadi dia antara jalan dan engga. Nah, karenanya kamilah yang kemudian mengisi tempat yang lowong di depan lampu merah. Pak polisinya sih cuma liat-liatin kita aja. Tapi aku udah merasa gimana gituh. Tuh polisi kok terus liatin kita yah. Apa karena pas doi nyuruh angkot maju tapi kita yang maju, itu salah? Engga dong mestinya. Kan maksut kami itu supaya jalan di belakang kami bisa diisi mobil lain dan ga bikin macet.

Eh saat polisi itu berlalu di samping mobil kami, lha kok tiba-tiba aku berasa ada yang mengetuk kaca jendelaku. Kutengok, eh ternyata pak polisi yang tadi sudah melintas itu ada di samping mukaku. Weehhh, ada apa nih, pikirku. Setelah kubuka jendela, bapak itu nanyain surat-surat mobil. Trus bilang, "Tau ngga kenapa ditangkap polisi?". Kamipun menggeleng. Trus katanya lagi, "Coba deh liat lagi apa yang engga beres". Iiihh.. gini kan kaya teka teki aja. Akhirnya si bapak nunjukkun juga 'kesalahan' kami. "Safety belt..", katanya. Ah ya, diriku engga pake seatbelt memang tadi. Tapiii.. hhmmm.. kok? Knapa yah? Ah belum lagi jawaban ini tuntas, pak polisi itu sudah meminta kami menepikan mobil.

"Bisa liat SIM-nya?" kata si bapak ke ayah Faza.
Si ayah yang udah pasang 'kuda-kuda' langsung menunjukkan kartu as kami sambil minta maaf ke si bapak. Begitu ngeliat kartu as kami, si pak polisi langsung bilang, "Yaahh.. polisi, TNI dan pers itu memang yang paling banyak melanggar". Huhuhuhuu.. langsung deh kami dikasi jalan untuk melanjutkan perjalanan.

Duh, beneran deh. Kali ini sih merasa rada takjub karena ga biasanya lo ada razia make safety belt ini. Lha biasanya tiap hari aku jarang make dan kalo liwat jalan yang sama juga ga diapa-apain sama polisi. Walopun kesan 'penangkapan' itu jadi mengada-ada, tapi abis ditangkep itu, jadilah aku make safety belt terus sampe kantor.

Besok-besok rasanya safety belt-nya ga akan dianggurin deh. Selain memang penting untuk keselamatan, juga karena ogah banget ditangkep lagi karena soal beginian.

0 comments: