Tuesday, September 09, 2008

Berbagi dan Berdiskusi

Hari Senin, hari pertama bersama temen-temen di Radio Voice of Democracy, Kammboja. Jadwalnya masih perkenalan, soal aku dan soal apa itu KBR68H. Program-programnya terutama karena ini buat bekal mereka saat mulai bersiaran selama 16 jam. Yaaa.. kegiatanku memang dalam rangka berbagi dan berdiskusi soal apa dan bagemana menyiapkan program radio untuk bersiaran selama 16 jam. Selama ini VOD, singkatan radio ini, cuma bersiaran 2 jam, dari jam 5 sampe 7 malem. Siaran mereka direlay oleh sejumlah radio di Kamboja. Sekarabng mereka bisa menyewa frekuensi sebuah radio, mereka mengambil alih jam siarannya. Tapi sebagian besar programnya masih menjalankan program radio yang sudah ada. Yang diisi temen-temen VOD ini untuk bagian newsnya.

Menyenangkan berdiskusi dengan mereka. Aku lebih seneng diskusi dan berbagi, daripada mesti berdiri di depan sendirian. Tapi itu juga ngga bisa kucegah. Tetep aja aku mesti di depan dan menjelaskan beberapa hal terkait dengan yang sudah berjalan di radioku. Soal program yang kami punya, soal jam siaran. Itu dulu. itu juga udah lumayan lama karena mbahas programnya juga satu demi satu. Temen-temen VOD ngga mungkin bisa seharian ketemu denganku karena mereka juga mesti menyiapkan program yang akan tayang sore harinya.

Sorenya, aku ketemu dengan Direktur VOD dan pasukannya, membicarakan soal rencana jadwal program mereka dalam siaran 16 jam. Targetnya bulan depan mereka sudah mulai bisa siaran selama itu. Jadi dari jam 6 pagi sampe jam 22. urusan jadwal program ini juga belum semuanya mateng karena bahkan dalam pertemuan kemaren sore, masih ada perdebatan soal penempatan beberapa program. Aku mengusulkan beberapa program, terutama terkait dengan jam prime time. Mereka pingin mengejar sebanyak mungkin pendengar di jam-jam prime time itu. Mereka punya tiga waktu prime time. Jam 6-8, jam 12-14 dan jam 18-20. Di jam-jam itu, mereka akan mengisinya dengan program berbau berita. Sementara di jam-jam reguler, mereka akan tetap memelihara program yang sekarang sudah berjalan di radio yang frekuensinya nanti akan mereka pake.

Siang tadi, saatnya mendengar produk berita kami. Kami mendengar lewat live streaming. Kami mendengarkan Kabar Baru, program breaking news yang tayang tiap jam selama menit. Mulai dari time signal, musik pembuka sama gaya presenter mereka tekuni bareng. Sampe kemudian ada berita kiriman kontributor plus insertnya, itu juga mereka simak. Bahkan sampe penyiar menutup program itu, mereka mendengarnya baik-baik. Sesekali mereka bertanya soal berita apa yang sedang disampaikan.

Kami berdiskusi setelahnya, mencari kemungkinan apa yang bisa dipetik atau dicontek dari program kami. Yaaahh.. siapa tau bisa jadi inspirasi kan? Semua sih terserah mereka aja gimana jadinya nanti.

Sore tadi, aku ikut pertemuan lagi dengan timnya Mas Direktur. Masih soal program, tapi lebih ke urusan menghitung kebutuhan dan kekuatan personil dengan rencana program yang sudah mereka susun. Aku dimintain tulung untuk menghitung kebutuhan untuk masing-masing jam prime time. Jadi sekarang aku punya PR nih untuk bikin lebih rinci, si anu kerja dari jam brapa sampe jam brapa, ngapain aja.

Hhhmm.. besok saatnya melihat aktifitas mereka menyiapkan program untuk siaran sore mereka. Jadi aku akan ikut rapat redaksi jam 8. Huehehehe.. disini mah rata-rata rumahnya ngga terlalu jauh dari kantor. Lagipula, macet juga jarang-jarang. Jadi jam segitu mah cincay laaahh..

0 comments: