Wednesday, September 10, 2008

Menjajal Kuliner

Menjajal makanan sebangsa wisata kuliner adalah salah satu yang dituju jika datang ke sebuah lokasi baru. Sama kaya di Phnom Penh ini. Aku penasaran banget pingin ngerasain kaya apa sih taste makanan Kamboja yang asli. Cuma sampe hari ini, belum nemu banget yang brasa Kamboja banget. Cuma sekali aja, itupun kayanya udah dibikin rada modern.

Senin malam misalnya, makan malem bareng Kunthea. Dia membawaku ke sebuah resto namanya Boat Noodles. Dari namanya mah pasti banyakan mie dongs. Hhmm.. ngga papalah karena kata Kunthea, selain mie, masih banyak menu lain yang bisa dipilih. Okelah, pilihan lokasi kuserahkan sepenuhnya ke Kunthea secara doi yang tau daerah sini gitu loh. Restonya sih sebenernya asik ya karena bernuansa tradisional. Di bawah, ada seperangkayt alat musik tradisional kaya gamelan. Trus dindingnya juga banyak dipajangi patung-patung khas Budha dan hiasan berbau Kamboja. Etnik lah ceritanya. Makannya juga bisa pilih, mau yang lesehan atau pake kursi. Kami memilih lesehan.

Menu malam itu yang kupilih adalah Fish Cakes. Kalo dari keterangannya sih, ini ikan dilumuri telor atau tepung gituh deh. Soal jenis ikannya, hhmmm.. pelayannya aja ngga tau ini ikan apaan, pegimana kita yang baru sekali ini datang yah. Trus pesen juga Fish Amok. Masih berbau ikan-ikanan. Kalo dari bentuknya mah kaya ikan ditumis cabe ijo gitu lah. Ikannya sih brasa kaya tuna. Satu lagi yang kami pesen adalah sayuran. Ini campuran buncis trus dikasi kol dan beberapa sayuran lain.

Yang menarik tentu adalah pesenanku. Salah satunya karena saosnya. Ini semacam kecap asin campur kacang digerus sama cabe diiris. Seger lah. Mungkin begini gaya sambel Kamboja yah. Entahlah. Aku sih suka aja. Cuma urusan nasi, nah ini dia. Disini orang biasa masak nasi ngga terlalu lembek kaya di Indonesia. Jadi nasinya masih brasa keras gitu deh. Butiran nasinya langsing menuju kurus, hehehe.. Porsinya sih kayanya sedikir, tapi begitu dimakan baru ketauan kalo isinya banyak banget. Walaaahh..

Yaaah.. lumayanlah untuk pengalaman pertama menimkati hidangan ala Kamboja.
Fotonya ntar yah dipasangnya..

0 comments: