Tuesday, September 09, 2008

Misi Gagal?

Aah.. mestinya tulisan ini sudah kubagi sejak kemaren lusa, saat pertama di Phnom Penh. Tapi ya ngga bisa aja, secara sampe sini juga udah sore banget. Hujan deras turun persis begitu pesawat mendarat di Bandara Internasional Phnom Penh. Urusan visa on arrival lancar karena lembarannya sudah dikasi sejak di Singapore. Jadi bisa diisi bahkan sebelum pesawat take off dari Singapore. Begitu juga dengan tetek bengek lain selama di bandara ini. Mungkin karena petugasnya ngga banyak omong yah. Mereka cuma menunjukkan apa yang mereka butuhin, kaya lembaran visa on arrival itu tadi. Jadi kebanyakan memang pake bahasa isyarat, hihihi..

Tapi yang jadi pikiran sejak terbang dari Singapore adalah soal ASI. Hhhmm.. berat banget rasanya mesti menyaksikan blue ice yang kubawa dari Jakarta ngga bisa ikutan terbang ke Kamboja. Entahlah, petugas di Bandara Changi yang super ketat itu memang memeriksa ulang tasku. Apalagi aku lupa meninggalkan pisau makan dari penerbangan Jakarta-Singapore. Diihh, konyol banget yah.. Yah, pastilah isi tasku diminta dikeluarin. Untung petugasnya baik-baik. Ada dua orang yang berjaga melihat bawaan penumpang. Seorang bapak yang cermat banget melihat semua bawaan penumpang, selesai urusan pisau yang kebawa tadi, menanyakan soal isi di dalam cooler bagku. Mungkin yang terlihat di monitor kaya bungkusan mercon atau apa gitu yah. Trus kukeluarin dan kubilang ke dua petugas itu bahwa itu adalah blue ice, pengganti es batu. Gunanya untuk mendinginkan ASI saat pulang mbawa ASI perahan. Trus si bapak satunya bertanya, dimana gerangan bayiku? Kubilang, saya tidak bersama bayi saya, karena itu saya harus memerah dan membawa ASInya pulang.

Apa iya blue ice kurang terkenal yah karena mereka kok banyak nanya soal blue ice. Sampe akhirnya bapak yang di depan monitor tadi bilang kalo aku ngga boleh bawa blue ice ini ke dalam kabin. Whhaatt?? Ini kan nyarinya udah sepenuh hati. Sejak mulai nyusuin Danin, baru kali ini aku punya blue ice. Trus ngga boleh dibawa?? Hhhmm.. mungkin bapak itu berpikir kalo blue ice ini bisa buat nimpuk orang di dalam kabin, jadi bahaya kalo dibawa ke kabin. Atau entahlaahh.. Dia cuma bilang, kalo ntar butuh es batu, minta aja sama kabin kru. Aku mah cuma tersenyum kecut aja. Trus pompa ASI juga kukeluarin. Yang ini sih ngga perlu dijelasin, bapak itu udah mengangguk-angguk tanda tau.

Bapak yang satu lagi, yang memeriksa tasku, ngga banyak komentar. Ah, apa iya sih baru pertama kali ini ngeliat blue ice. Hhhmm mungkin juga. Selesai bapak yang satu tadi ngasi tau soal ngga boleh bawa blue ice ini, aku bertanya sama bapak yang didepanku. Sebenernya sih sedikit menggumam..

"Means I can't bring my breastmilk when I'm coming back?"
"Sorry Mam, but Singpore is very strict.." kata si bapak tanpa melihatku. Mungkin dia juga ngga tega ngeliat aku jadi patah hati didepannya. Atau mungkin dia punya anak atau menantu yang punya kasus sepertiku.

Waktu dia ambil blue iceku dan bersiap membuangnya ke tong sampah disampingnya, dia bertanya lagi dengan nada halus, "So, can I throw this, Mam?". Sebenernya itu pertanyaan retoris aja karena tanpa aku menjawab pun, dia pasti akan membuangnya. Tapi mungkin bapak ini mau memastikan lagi dan meminta ijin aku. Aku ngga sanggup berkata-kata lagi, cuma tersenyum. Senyum kecewa. Semangatku nyaris runtuuhh..

Sepanjang perjalanan di pesawat tadi, aku mikir-mikir lagi, gimana caranya nanti bisa mbawa ASI perahan pulang? Apa dengan kejadian di Bandara Changi ini, musnah harapan untuk mbawa ASI? Ah, banyak banget pertanyaan yang muncul sepanjang perjalanan. Sampe aku bikin beberapa alternatif cara. Hhhmm.. kalo satu orang ngga boleh bawa lebih dari 100ml, mungkin di Singapore pas pulang nanti, aku akan bagikan satu-satu kantong ASI ke beberapa perempuan yang sepesawat denganku. Terutama mereka yang bawa anak. Duuuhh.. tapi butuh brapa banyak perempuan? Atau mungkin ada bapak-bapak yang membantuku untuk ikut serta membawakan kantong-kantong ASIku nanti? Dalam bayanganku, dia akan berseru di dalam gate nanti, "Hello.. anybody can help this woman to bring her breastmilk?". Trus satu-satu penumpang akan membawakan satu kantong ASI perahan yang isinya sekitar 100an ml tadi. Batas maksimal jumlah cairan yang bisa dibawa ke kabin.

Ah.. Hanung Bramantyo atau Riri Riza kepikiran yang kaya gini ngga ya..

Ketika sampe Phnom Penh pun, aku masih ngga tau gimana nasib ASI perahanku nanti. Sampe sekarang pun, aku tetep meres ASI, karena bakalan sakit banget kalo ngga diperah. Soal gimana mbawanya, ya sudahlah, apa boleh buat. Kata Athe Yuli mah, yang penting sudah ikhtiar, kalo memang ngga ada cara lain untuk membawa ASIku masuk ke Indonesia, yawislah. Si ayah juga udah berpesan jauh-jauh hari, jangan maksa kalo di Singapore ngga boleh. Secara tau banget gimana ketatnya Singapore.

Aku cuma ngga rela kalo ASIku nanti dibuang gitu aja. Aku lagi berpikir kalo saja ada kaum kurang mampu di Phnom Penh, yang biasa di Jakarta ada di pinggir jalan atau perempatan itu, yang lagi hamil atau punya anak, mungkin akan kuserahkan ASI perahanku ke mereka. Tapi di perempatan sini belum pernah kutemui ada begituan. Mungkin karena banyak perempatan disini yang ngga pake traffic light ya.

Atau mungkin kalo nanti ASI ini bisa kubawa sampe ke Singapore dan disana dicegat untuk kemudian dibuang, aku mesti bilang ke petugasnya, "Please don't do that in front of me..".

Maaf ya Danin kalo Mama terpaksa ngga bisa bawa oleh-oleh ASI..

0 comments: