Thursday, September 11, 2008

Desa Khmer

Wisata kuliner semalem mampir di sebuah resto yang khas Kamboja. Ffuuiihh.. akhirnyaaa.. Semalem diundang makan malem sama bossnya VOD, namanya Teang. Bertiga dengan mba resepsionis di VOD, Lida namanya, kami ke sebuh resto langganan Teang. Nama restonya pake bahasa Khmer. Artinya desa Khmer. Resto ini menyediakan produk organik untuk masakannya, jadi menarik lah.

Ngga beda jauh sebenernya bumbu masakannya dengan di Indonesia. Sayurnya itu buncis yang langsing panjang plus bayam kayanya (abis, kecil-kecil banget) dibumbu pake kunyit dan temen-temennya. Berasa kaya mau bikin opor cuma pedes dikit. Trus abis diulek, itu bumbu ditumis, baru deh cemplungin sayurannya. Trus dikasi irisan ayam yang digoreng entah bagemana sampe warnya item tapi engga bau gosong. Jadi berkuah dan seger lah untuk makan malem sekaligus buka puasa, hehehe.. Trus dipesenin juga tumis buncis sama ampela ayam yang lagi-lagi, warna ampelanya itu item.

Lauknya ngga jauh-jauh dari ayam. Dipesenin ayam seekor digoreng gitu lah, kaya ayam di Suharti, hehehe.. Cuma ngga ada tepung krispinya. Trus pesen kerang juga. Cuma berhubung membatasi makan seafood karena Danin alergi, maka cukup satu kerang saja untuk cicip-cicip. Minumnya sih udah disediakan teh Thailand yang warnanya bening tapi enak rasanya. Aku pesen juga susu panas. Wah, manis banget boww susunya. Betulan susu kental manis. Segelas kecil juga udah kenyang bangets.

Orang-orang Kamboja kayanya memang suka makan yah. Atau mungkin memang karena lapar. Jadi sepiring nasi masih nambah lagi, termasuk aku, hehehe.. meski cuma setengah. Kali ini nasi yang kutemui ngga beda dengan nasi yang dimasak di rumah, jadi nikmat lah. Ngga keras kaya pas hari pertama ituh. Kayanya sih bakal ke resto ini lagi deh pas buka nanti, hehehe.. Jalan kaki dari hotel mah ngga terlalu jauh. Syaratnya mah cuma engga hujan aja. Soalnya semalem makan pas hujan lagi deres-deresnya.

Iya nih, nyaris tiap malem di Phnom Penh turun hujan. Kalo pas hujan gedhe bentar aja, nyaris jalanan di beberapa titik tergenang air. Huhuhuhuuu.. gawats neh. Kok kaya di beberapa lokasi di Jakarta aja yah.

0 comments: