Wednesday, September 24, 2008

Jatuh Kedua Kali

Sabtu akhir pekan lalu, Danin jatuh. Huhuhuuu.. ini adalah jatuh kedua kalinya buat Danin. Kali ini, kesalahan mutlak ada padaku karena waktu itu Danin lagi berdua aja sama aku. Jatuh pertama waktu itu pas aku mandi. Danin masih tidur sama Faza dan ayahnya. Duh, ini mah ngga ngerti siapa yang pantes disalahin. Tapi sh, daripada nyari siapa yang salah, lebih baik introspeksi aja kan. Mungkin aku kurang ngasi pengaman di sekeliling Danin, Apalagi Danin sekarang kan udah jago guling sana guling sini, tengkurap ke berbagai penjuru angin.

Tapi hari Sabtu itu, ah.. kalo saja bisa direwind, ngga akan mau aku mengalah pada rasa kantuk. Hiya, kantuk yang teramat kuat memaksaku untuk tidur sekejap, untuk kemudian terbangun setelah terdengar bunyi 'bruugg..' diikuti tangisan Danin. Duh mak, jantung rasanya mau copot. Reflek aku melongok ke bawah tempat tidur dan.. aduuuhh, posisi badan Danin miring tapi njungkir. Jadi kepala di bawah. Cuma, kayanya itu kepala belum sampe lantai karena tertahan sama pinggiran tempat tidur. Sementara posisi kakinya diatas, cuma rada miring. Jadi bukan tegak lurus kaya posisi lonca indah gituh. Kebetulan waktu itu tempat tidur memang dipepetin ke dinding untuk memperkecil kemungkinan Danin atau Faza jatuh. Eh.. kok ya tetep lolos aja..

Huhuhuuu.. nyeseeell banget rasanya. Langsung deh begitu kedengeran suara tangis Danin, si ayah, Faza sampe Mbanya pada menghambur ke kamar. Duh Gusti, sepersekian detik yang melenakanku sampe Danin jatuh gituh. Sungguh, kantuk yang ngga tertahan.

Hari Minggunya, pagi-pagi, kami langsung bawa Danin ke tukang pijit. Langganan Faza dulu juga. Kami memanggilnya Empik. Usianya udah mau 78 tahun kalo ngga salah. Cuma badannya masih kuat dan sehat. Badannya sih kecil, jalannya masih sanggup sendiri dan tanpa dibantu apapun. Kaya nenek usia 60 sekian gituh. Udah lama kami engga ke Empik. Untung masih ada nomoer telponnya. Untung juga si Empik lagi di rumah. Kalo lagi ngga beruntung, si Empik biasanya lagi dijemput untuk mijit kemana gituh. Secara udah 52 tahun mijit gitu loh, ckckckckk..

Danin nangis njempling-njempling kaya Faza kalo dipijit. Uffhh, ditega-tegain deh ngeliat Danin dipijit. Abis, muka nangisnya jadi memelas banget kaya butuh pertolongan. Tapi kan, proses pemijitan masih berlangsung. Jadi ya aku sama Faza menghibur Danin dari samping si Empik. Dari kaki sampe kepala, semuanya kena sentuhan tangan Empik. Insya Allah kata Empik, Danin engga apa-apa. Ada salah urat sedikit di daerah sekitar paha, mungkin karena jatuhnya itu, huhuhuhu..

Maafkan Mama ya Nak.. Lain kali, mesti lebih siap dan sigap lagi. Faza jatuh aja sampe enam kali, hikhikhik.. Danin jangan yah. Emak sama babenya mesti belajar lebih trampil lagi nih, secara udah punya dua amanah gitu lohh.

0 comments: