Monday, February 05, 2007

Ada Banjir, Ada Ngungsi

Banjir di Jakarta tahun ini jadinya sungguh luar biasa. Banyak yang bilang, banjir sekarang justru lebih parah dari tahun 2002. Kalo diliat-liat, mungkin ada benarnya. Jakarta seperti kota terapung hari-hari belakangan ini. Daerah yang dulu ga pernah banjir, hhmm.. tahun ini ada yang kena banjir. Jadi belum tentu bisa bebas merdeka seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kompleks rumahku salah satunya. Dari dulu memang jauh dari yang namanya banjir. Kalopun hujan cukup deras, kali Cikeas yang ada di tepi kompleks itu ga pernah meluap lo. Nah, akhir pekan lalu pas hujan datang begitu derasnya, tinggi air sempet rata dengan jalan kompleks. Nah akibatnya, blok-blok yang deket kali, kedatangan air sampe sekitar setengah betis. Memang sih, ketinggian air ga sampe masuk rumah. Tapi tetep aja bikin kuatir.

Nah, situasi ini dihadapi Mba Lia, salah satu temenku yang kebetulan bloknya di tepian kali. Karenanya, malem Minggu lalu, tetangga sekaligus temen kantorku ini boyongan sama anak-anaknya ke rumah. Plus beberapa tetangga Mba Lia dan anak-anaknya. Jadi malem Minggu kemaren rumah rame banget. Cuma bapak-bapaknya aja yang tetep stand by di rumah-rumah, sekaligus berjaga-jaga. Ayahnya Faza sama bapak-bapak di blok kami juga keluar rumah, ikutan ngeliat ketinggian air di sungai, sekaligus keliling kompleks. Jadilah rumah seru dengan celoteh anak-anak. Semua jadi pada begadang. Termasuk Faza yang tadinya udah siap mau tidur, jadi melek lagi karena kedatangan temen-temen baru. Apalagi ibu-ibunya, walaaah.. jadi susah tidur karena banyak yang kepikiran rumah mereka. Ga kebayang kalo air sampe masuk rumah. Malem itu, karpet dan tikar digelar di ruang tengah untuk nambah tempat buat tidur tamu-tamu kami. Ada tetangga yang bawa bayi dua bulanan kami tempatkan di kamar. Sementara Faza cukup nyenyak tidur di sofa ruang tamu. Apalagi selama ini, kalo siang, Faza kadang milih tidur di sofa ini.

Sejak hari Minggu siang, hujan memang mengguyur sekitar kompleks kami begitu derasnya. Sempet beberapa kali berhenti. Tapi seketika juga bisa turun begitu hebatnya. Sejak Minggu siang bahkan, aliran listrik sudah dipadamkan. Sampe tengah malam juga masih mati. Entah jam brapa nyala lagi, karena tau-tau, pas aku nengok situasi luar rumah pas Subuh, rumah tetangga udah pada nyala. Sementara rumah kami masih gelap gulita. Ga taunya, pas listrik mati itu, sambungan PLN di rumah diputus sama ayahnya Faza. Hhhmm.. pagi itu, rumah jadi terang lagi, di tengah suasana mendung yang masih menggantung. Pagi itu juga, para bapak menjemput anggota keluarganya yang ngungsi ke rumah. Katanya sih ketinggian air sudah mulai surut. Rumah-rumah tetep aman dari aliran banjir. Alhamdulillah.

Luar biasa banjir kali ini ya. Tapi kenapa ya, banjir kan bukan bencana alam dan mestinya bisa diantisipasi. Apalagi siklus lima tahunan banjir besar Jakarta itu nyaris berulang terus. Mestinya sih sudah ada siap-siapnya sejak lama. Setidaknya sejak banjir besar sebelumnya. Trus kenapa ya seperti engga ada antisipasinya?

Tapi sisi baiknya adalah, keluarga kami dan Mba Lia itu, meski tetanggaan beda blok, selama ini belum pernah berkunjung satu sama lain. Beneran deh. Dengan adanya banjir ini, akhirnya jadi juga kunjungan itu, huehehehe.. Tinggal keluarga kami yang belum ke rumah Mba Lia nih. Kalo lewat aja sih udah pernah. Cuma mampirnya belum, huhuhuhu..

0 comments: