Thursday, February 08, 2007

Bisa Engga Ya Mencegah Banjir?

Jakarta masih tak senormal biasanya. Cuaca juga silih berganti begitu cepat. Hari ini matahari bisa terang benderang, besoknya bisa hujan lebat. Atau kadang juga mendung seharian. Wah, betulan tak terduga deh. Jalanan? Hmmm.. jangan tanya lagi. Dimana-mana, macet cet ceeettt. Tiap berangkat ke kantor, denger radio mana aja, isinya info soal jalanan yang macet dimanapun, soal pendengar yang nanyain akses jalan, juga soal air yang masih menggenang di beberapa lokasi. Duh, sungguh deh, hari-hari ini, betul-betul dibuat sibuk dengan banjir. Alhasil, selalu telat deh nyampe kantor. Huhuhuhuuu.. Kalo udah begini mah ya pasraaaaahhh.. Berangkat lebih pagipun, ga banyak membantu. Mendingan dinikmatin aja sambil nyanyi-nyanyi..

Tapi banjir begini juga selalu mengundang tanya, apa yang terjadi dengan Jakarta. Ada yang menjawab soal konsep tata kota, soal ruang terbuka hijau, sampe soal gaya hidup warga yang kurang peduli dengan kebersihan lingkungan. Banyak deh. Tapi okelah, aku sih ngeliatnya lebih ke soal konsep tata kotanya kali ya. Sekarang ini kan Jakarta buwanyak banget yang namanya mal. Kalo ga salah sih udah ada sekitar 60an mal sekarang ini. Banyak kan? Tapi itu juga masih bakal nambah lo. Rencananya masih akan nambah bikin mal jadi 90an atau berapa gitu. Sampe ada yang bilang, di Jakarta itu, nyaris di semua kecamatan ada mal. Walaaahh.. Saking banyaknya boww. Tapi urusan bikin mal ini sebenarnya kan ngeliat pasarnya juga. Kalo lingkungan sekitar dianggap ga akan mendukung pembangunan mal, orang-orangnya ga suka belanja atau jalan ke mal, apa ya tetep dibangun to. Rasanya kalo mal tetep dibangun, brarti pasarnya masih terbuka luas dong. Apa iya sihh..

Selain mal, yang juga cukup gencar adalah pembangunan perumahan. Itu kabarnya banyak perumahan yang dibangun diatas lahan yang mestinya jadi ruang terbuka hijau, bahkan kabarnya ada yang diatas aliran sungai. Aduh.. Nah, kalo area yang mestinya jadi aliran sungai sudah tertutup bangunan begitu, pastilah aliran sungai akan mencari jalan-jalan lain bukan? Kalo penataannya ga bener, yah, siap-siap aja menyambut datangnya banjir kalo udah masuk musim hujan. Wiiddiiyy..

Jadi apa yang kira-kira bisa mengurangi kemungkinan datangnya banjir di Jakarta. Karena banjir ini kan mestinya bisa diantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya dong. Apalagi pelajaran dari kejadian sebelumya juga sudah ada. Gaya hidup peduli lingkungan? Hmm.. itu sih mestinya dilandasi kesadaran ya. Abis gimana, kalo engga ada kesadaran bahwa buang sampah sembarangan bisa bikin banjir, atau kesadaran dasar lainnya, yaaahhh.. percuma juga rasanya.

Mmmm.. rasanya sih ya kita mulai dari diri sendiri aja. Buang sampah di tempatnya, jaga kebersihan got supaya alirannya lancar atau yang lainnya. Tapi kalo kita rajin tapi tetangga engga, mmm.. gimana ya. Iiiihh, gini mah kalo ketauan Faza, pasti dikasi telunjuk sambil di-zigzag-in dari atas ke bawah. Sambil bilang, "kacian deeeii luu"..

0 comments: