Friday, February 09, 2007

Perempuan Perkasa

Tiga atau empat hari terakhir ini, kantorku berbau haruuuumm banget. Mmmmm.. enak deehh.. Baunya aja dari pagi sampe malem lo. Jadi berasa laper mulu, huehehehe.. Ya karena lantai satu kantorku sedang jadi markas masak memasak. Kantorku memang buka posko dapur umum untuk membantu mereka para korban banjir. Jadi masak-masaknya disini, trus nanti dikirim ke sejumlah titik yang butuh tambahan bantuan.

Nah, yang tidak ketinggalan tentu saja pasukan masak memasak ini. Mereka adalah para perempuan, baik dari sekitar kantorku maupun mereka yang ada di beberapa lokasi lain. Nah, sejak hari pertama dapur umum sampe sekarang ini, selalu saja ada yang menyisakan decak kagum. Ya, para ibu itu. Mereka ini siaga terus dari pagi sampe malam. Bahkan ada yang sejak jam 4 pagi karena harus belanja ke pasar. Sampe di posko, bersama ibu-ibu lainnya, mereka mulai bekerja. Mengiris dan menyiangi sayuran dan lauk, menumbuk dan menyiapkan bumbu, memasaknya sampe kemudian membungkus-bungkus. Trus dimasukin ke kantong plastik per 50an bungkus. Butuh waktu lama tentu saja karena yang disediakan ini untuk keperluan makan siang dan makan malam. Paket untuk makan siang beda lo dengan makan malam. Kebayang dong betapa sibuknya para ibu ini. Jumlahnya? Waaa.. setiap harinya sampe 800an bungkus gitu deh. Untuk mengirim ke lokasi yang akan dibantu, ada tim lain yang siap mengangkut hasil karya para ibu ini. Luar biasa..

Saat wawancara dengan perwakilan para ibu, yang tergambar adalah semangat mereka yang -sekali lagi- luar biasa. Mereka bilang, seneng-seneng aja dengan
kegiatan di dapur umum ini. Meski menyita waktu untuk keluarga, tapi mereka lebih melihat tujuan dapur umum ini yang memang maunya membantu korban banjir. Cape? Hhmm pasti. Dari pagi sampe malem, berkutat dengan masakan yang jumlahnya sangat banyak, sampe mbungkusin satu demi satu, pasti lelah datang juga. Tapi salah satu yang diwawancara sempet bilang, mereka engga masalah dengan cape karena disinipun mereka jadi ketemu para ibu lain. Yang belum kenal jadi kenal. Yang sudah kenal jadi tambah kenal dan akrab. Ngobrol juga jadi tambah seru. Di sisi lain, mereka jadi lebih tau tentang kantorku, huehehe..

Tapi sungguh, melihat para ibu yang terus berjibaku tak kenal lelah, betul-betul luar biasa. Bertabur peluh, berlumur bau masakan, belum lagi ada yang sambil ngemong anak-anak mereka, mereka tetep setia menyediakan tenaga untuk berbagi dengan sodara-sodara yang tengah dirundung musibah. Mereka, para perempuan perkasa..

0 comments: