Wednesday, April 11, 2007

Di Kantor Imigrasi

Hari kedua, hari Selasa, aku ke kantor Imigrasi lagi. Tujuannya, foto. Awalnya, jadwal fotoku masih hari Jumat. Wakkss.. Ga mungkin banget to. Lha ini aja ke Djogdjanya cuma ijin ga masuk dua hari untuk keperluan ini je. Kata petugasnya, biasanya jadwalnya memang sepekan hari kerja. Wakss lagi.. Setelah kuminta bantuan lagi untuk dipercepat jadwal fotoku, bisa juga aku dapet jatah hari berikutnya. Tapi itupun juga ga bisa langsung jadi. Karena setelah foto, prosesnya kemudian adalah mengirim foto ini untuk diverifikasi di kantor pusat di Jakarta. Nah, proses transfernya itu yang cukup memakan waktu. Kalo ga salah denger, waktu itu petugasnya bilang, proses transfer atau kembalinya foto ini butuh waktu lima jam. Hhhhmmm.. kenapa bisa lama? Ga tau deh.. Yang jelas, paspor baru jadi sehari setelah proses foto itu tadi. Yah sudahlah, om Ardi deh yang ketiban rejeki ngambil paspor dengan membawa serta surat kuasa.

Yowis to, duduk ngantri untuk mbayar dan foto. Lumayan juga nunggunya. Setelah dapet giliran foto, trus ada dokumen yang butuh cap jempol kananku. Udah gitu, nyetak jari-jari diatas mesin finger prints. Salah satu dari dua petugas menanyakan untuk keperluan apa daku ke Vietnam. Setelah kujawab, gantian aku yang nanya.

"Kalo ngurus perpanjangan ini, sebenernya online ngga sih, Pak?".
Dua bapak-bapak (atau mungkin tepatnya mas-mas) yang ada di depanku menjawab, "Bisa, Mbak. Makanya saya heran kok Mbak ngga ngurus aja di Jakarta. Kan kerja di Jakarta", jawab si mas sambil senyum-senyum.
Uhuk uhuk uhuk..
"Jadi bisa online ya".
"Iya Mba, bisa. Dimana aja juga bisa. Paling nanti kantor Imigrasi bersangkutan akan minta verifikasi dari kantor Imigrasi yang mengeluarkan paspor sebelumnya. Syaratnya juga sama".
Uhuk uhuk uhuk lagi..

Owalaah, ternyata bisa to online. Ah yawis, itung-itung nostalgia deh ke Djogdja. Menikmati masa-masa yang sudah kutinggalkan selama tiga tahun terakhir ini. Engga, engga nyesel dong. Wong malah asik bisa liat suasana kota yang mulai banyak berubah. Banyak gedung baru, banyak bangunan yang direnovasi, juga tambahan disana-sini. Ah, tetep aja seru..

Sore harinya, Garuda Indonesia membawaku ke Jakarta lagi. Setelah dua hari menikmati jalanan yang loncer moncer karena ga ketemu macet brarti, saatnya kini bertemu lagi dengan kemacetan dan hiruk pikuk ibukota.. Ah itu mah biasa. Yang lebih penting lagi, ketemu Faza. Hukhukhuk.. dua hari berasa luamaaa deeii.. Mama dataaannggg.. Mmmuuaahhh..

0 comments: