Tuesday, January 09, 2007

Burung di Pulau Rambut

Sudah pernah denger nama daerah Pulau Rambut? Belum? Atau sudah? Nah, buat yang belum, sama seperti saya, lokasi ini ternyata ga jauh-jauh amat dari Jakarta. Tepatnya ada di Teluk Jakarta, masuk daerah Kepulauan Seribu.

Lokasi ini dikenalkan oleh temenku. Dia sudah pernah ke Pulau Rambut ini. Istimewanya adalah.. nah ini dia, pulau ini adalah wilayah konservasi burung. Tempat hidup puluhan ribu burung. Temenku ini kebetulan bekerja di tempat yang concern dengan soal-soal lingkungan. Yang jadi spesialisasnya ; mengamati burung. Nah lo. Karenanya sungguh tidak heran kalo temenku yang namanya Mas Iman ini trus sangat kenal dengan Pulau Rambut. Dalam ceritanya, Pulau Rambut ini memang tidak dihuni manusia. Murni untuk burung. Masuk kedalamnya juga perlu ijin khusus karena pulau ini dijaga. Jadi maunya, supaya fungsi konservasinya betulan terjaga dan engga terjamah tangan manusia yang kadang usil.

Pulau Rambut ini katanya dihuni tak kurang dari 20 ribu individu burung. Speciesnya ada sekitar 15 jenis. Satu hal yang juga menarik dari cerita Mas Iman, hal-hal yang dia dapet dari proses mengamati burung ini. You know what? Kata Mas Iman, burung itu makhluk yang setia pada pasangan. Aha, menarik, menarik.. Selain itu, kerja kerasnya untuk mendapat makanan. Burung tidak pernah mikir dulu, apakah di tempat yang akan dia tuju ada makanan atau tidak. Tapi dia akan terbang dulu ke lokasi itu, barulah mencari makanan. Aha, ini juga tak kalah menarik. Perjuangan memang tak boleh kendur duluan di awal hanya karena tak yakin ada sesuatu yang bisa didapat atau engga.

Mmmmm.. perbincangan itu membuat saya penasaran banget dengan Pulau Rambut. Seperti apa sih pulau ini. Setelah mencari-cari, ketemulah beberapa foto tentang Pulau Rambut. Ini semua ada di sebuah blog yang memang khusus membahas soal pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Ah, lumayan lah. Jadi ada referensi kalo mau nengokin pulau-pulau itu.

Khusus untuk Anda yang memang suka juga dengan burung, ayo dong, ke Pulau Rambut. Sekalian membuktikan pelajaran yang diperoleh temenku dari kawanan burung. Setia dan kerja keras. Hayoooo....

0 comments: