Tuesday, January 23, 2007

Kembalinya Kolev

Heiii para penggemar bola..!! Mestinya sih udah pada tau dong jikalau Ivan Kolev terpilih lagi untuk melatih timnas Indonesia. Ini beritanya..


"Ivan Kolev ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Indonesia menggantikan Peter Withe. Kolev bukan muka baru di tim nasional karena pelatih asal Bulgaria itu pernah melatih tim nasional Indonesia periode 2002-2004. Kepastian penunjukan Kolev disampaikan Ketua Umum PSSI Nurdin Halid di kantor Badan Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin kemarin. Nurdin mengatakan, PSSI berusaha konsisten dengan apa yang sudah dikatakan sehingga setelah Withe gagal di Kejuaraan ASEAN, yang bersangkutan diberhentikan. Selain catatan terakhir di Kejuaraan ASEAN, Withe juga dinilai gagal menghadirkan prestasi sejak tahun 2004, termasuk memenuhi target sebagai finalis SEA Games 2005 Filipina, menampilkan aksi terbaik pada kualifikasi Pra-Olimpiade dan juara Piala Tiger 2004.

Menurut Nurdin, pemberhentian Withe tidak menyalahi aturan meski kontrak baru berakhir November 2007. Dalam klausul kontrak dinyatakan, jika PSSI gagal ke final SEA Games 2005 dan gagal juara Piala Tiger 2004, PSSI berhak memutus kontrak sepihak.

Ketika pertama kali menjabat sebagai pelatih tim nasional Indonesia pada 2002-2004, Kolev gagal membawa Indonesia juara Piala Tiger 2002 dan gagal mengantar Indonesia lolos penyisihan Grup Piala Asia 2004."


Nah dalam wawancara dengan Sekjen PSSI Nugraha Besoes tadi, salah satu pertimbangannya adalah karena banyak pelatih asal negeri sendiri yang sudah ditawari. Tapi olala, ternyata mereka banyak yang sedang siap-siap untuk Liga Indonesia yang dimulai Februari nanti. Salah satu yang digadang-gadang adalah Benny Dolo. Nama ini juga pernah melatih timnas. Bahkan dianggap termasuk salah satu sosok yang berkarakter karena penuh disiplin. Tapi karena engga bisa juga, dicari-carilah lagi oleh PSSI, hingga akhirnya Ivan Kolev dijajaki. Padahal katanya sih Kolev ini sedang jadi pelatih Persipura Jayapura. Kolev sendiri menurut Nugraha, menyatakan tertantang untuk menangani timnas dan siap mengambil risiko apapun. Weeehhh.. Tawar menawar pun jadilah, dengan syarat yang diajukan Persipura, supaya mereka dicarikan ganti Kolev. Iya dong, mesti gitu. Masa mereka yang sedang asik-asiknya dilatih sama Kolev, trus tiba-tiba Kolev-nya diambil PSSI, ga mungkin dong ninggalin Persipua begitu saja kan?

Hhmm, nah Kolev ini kata Nugraha akan menangani tim senior dan tim U-23. Tim senior akan menghadapi SEA Games Thailand akhir tahun ini. Sementara tim U-23 mesti siap untuk ajang pre Olympic. Tapi teteuupp ada asisten pelatihnya. Asistennya sih orang-orang dalam negeri semua..

Ya ya ya.. Nah, boleh dong kita liat nih prestasi Ivan Kolev jaman dulu megang timnas kita. Ini yang sempat dirangkum nih..

1. Bersama Timnas Indonesia jadi runner up Piala Tiger 2002.
2. Membawa Timnas Indonesia mengalahkan Qatar 2-1 pada partai pertama putaran final Grup A Piala Asia 2004 hingga membuat pelatih Qatar Phillipe Troussier diberhentikan.
3. Agustus 2003, Kolev mengikuti wajib militer (wamil) di Bulgaria kendati berusia lebih dari 50 tahun.
4. Kontrak awal di Timnas Indonesia (September 2002-September 2003) sebesar USD 65 ribu atau Rp 552,5 juta (kala itu kurs USD 1 = Rp 8.500).
5. Pelatih asing pertama yang dua kali menangani Timnas Indonesia. Pun pada dua edisi putaran final Piala Asia (2004 dan 2007).

Jadi welcome back, Mas Kolev..

0 comments: