Wednesday, March 21, 2007

Biring Manggisku

Setiap hari Rabu begini, biasanya aku punya jadwal ngingetin seorang temenku untuk tidak lupa nonton sebuah acara nyanyi-nyanyi di tipi. Nama temenku ini Humto. Nama acaranya Otano Batak. Artinya Tanahku Batak. Tayang di Indosiar. Ini memang acara yang dirancang khusus memperdengarkan lagu-lagu dari tanah Batak. Kebanyakan sih memang lagu Batak Toba. Kalo lagu Karo sih jarang. Trus ada penontonnya juga yang bisa diajak ikutan bernyanyi, berekspresi menikmati suguhan lagu.

Nah, temenku ini karena berasal dari daerah sana, pastilah sulit untuk melewatkan acara ini. Pernah satu kali aku menelponnya di tengah acara ini berjalan, eh ga taunya doi udah pulang kantor. Dengan penuh penyesalan dia bilang kalo di kosnya engga ada tipi. Jadi kalo mau nonton, ya mesti ke kantor. Apalagi jarak kosnya ke kantor kan deket tuh. Paginya begitu kuceritain, walaahh.. kaya seribu penyesalan bergayut di mukanya deh, huehehe.. Jadi sekarang ini kalo sudah masuk hari Rabu, biasanya aku ngingetin dia soal acara ini.

Tapi bicara soal acara Otano Batak ini, memang seru juga yah. Ada transkrip dalam bahasa Indonesia yang juga terpampang di layar kaca. Jadi tetep tau artinya meski engga bisa nyanyinya, huehehe.. Lumayan.. Ayahnya Faza sih juga suka ikutan nonton ini acara. Tapi lebih karena suka merhatiin gaya penontonnya yang ga kalah heboh dengan penyanyinya. Tau sendiri kan, kalo ada penyanyi yang sedang tampil, maka di deretan penonton itu akan ikut bergoyang. Itu dia yang suka bikin takjub ayahnya Faza, huehehe..

Nah, edisi minggu lalu, ada penyanyi Karo, namanya Tio Fanta Pinem. Jaman dulu mah pasti kenal deh sama nama ini. Nah, di salah satu lirik lagunya itu terdapatlah kalimat, "..Ooohh Biring manggisku..". Nah, 'Biring manggisku' ini artinya adalah 'boru Biring yang cantik'. Boru Biring sendiri merupakan sebutan untuk keturunan orang Karo. Contoh yang paling dekat dan jelas, ya Faza itu, huehehe.. Beberapa sodara ayah Faza, kadang suka manggil Faza dengan sebutan 'boru Biring'. Jadilah Faza itu memang Biring manggisku..

0 comments: