Monday, March 12, 2007

Ikut Training

Jumat lalu, aku ikut training. Trainingnya berhubungan sama urusan audio untuk radio. Trainernya dari Amerika. Tapi asik, bahasanya mudah dimengerti. Nah isi trainingnya sendiri sih memang lebih memperkenalkan sistem baru playlist alias daftar file-file yang siap diputar di udara. Kali ini belajar dari soal bagemana memilih file yang akan diputer, mengedit sampe kemudian menempatkannya di tempat yang siap siar. Yah, teknis radio banget memang.

Selama ini, kantorku juga make playlist untuk memutar file-file yang akan mengudara. Cuma, beda dengan yang disampaikan di pelatihan kali ini. Salah satu yang bikin beda adalah karena di model baru ini, file yang bisa diputer hanya yang berbentuk mp3. Selama ini sih yang kami pake bisa muter file dalam bentuk wav, mp3 sih pasti bisa. Cuma untungnya kalo pake sistem baru ini ya karena sistemnya bisa dikopi dan gratis. Wah, yang terakhir ini nih yang penting. Jadi engga mesti beli lisensi, huehehe..

Ada praktik yang langsung kami tempuh setelah separo hari menyelesaikan soal teori. Nah, praktik ini jadi mengasikkan karena kita bisa langsung terjun. Mulai dari take vokal, mentransfer, mengedit dan menyimpannya ke dalam sistem ini. Sampe kemudian, setelah semuanya dirasa oke, ditempatkan di lokasi siap siar deh. Seru.. Trainingnya memang cuma sehari sih karena setelah itu, kebanyakan pelatihan diarahkan untuk mereka para teknisi radio. Trainernya sih ada dua. Cuma pas jamku, salah satu trainer sakit. Jadi ya engga bisa nemenin. Padahal mestinya sih doi juga ngasi materi. Udah gitu, cakeeuupp booww, huehehehe..

Menarik lah meski sistem ini belum bisa sepenuhnya dipraktikkan di kantorku. Apalagi, sistem ini juga belum stabil. Masih perlu pembenahan dan peningkatan disana-sini. Beberapa masukan juga kami berikan ke mas trainer. Terutama untuk menambah fitur-fitur yang belum tersedia di sistem ini. Nah, kalo fitur penting yang kita butuhkan sudah terpasang, mudah-mudahan sih engga lama lagi sistem ini bakal bisa dipraktikkan.

Ah, teknis banget ya tulisanku. Yah, sekali-sekali gapapa deh..

0 comments: