Monday, March 12, 2007

Ngapul-apuli

Judul diatas adalah satu adat Karo yang maksutnya semacam takziah. Jadi, karena Etek Tatik, adiknya Nenek itu meninggal, maka jadilah keluarga Bulang bertakziah ke Nenek. Namanya, ngapul-ngapuli. Di ajang ini, selain mengirim doa, mereka yang punya kenangan dengan Etek Tatik, akan menyampaikannya disini.

Acaranya sendiri hari Minggu kemaren di rumah Nenek. Karena ayahnya Faza lagi nungguin tukang di rumah, jadilah aku, Faza dan dua mbaknya yang berangkat ke rumah Nenek. Rame banget disana karena ada para Bunda dan sepupu Faza. Faza yang di awal datang nangis seperti biasa, pelan-pelan mulai deh keliatan aslinya, huehehe.. Kesana kemari ga kenal capek. Apalagi ditemenin dua sepupunya yang jarang ketemu. Wah, udah deii..

Sementara emaknya Faza mbantu-mbantu persiapan untuk makan siang. Ya, acara ini seperti biasa diwarnai makan siang. Kebetulan lauk pauk dimasakin Bunda I dan Bunda Iyah. Plus pasukan dapur resto Nenek juga masakin, trus ada hantaran dari Kak Sabeth -sepupu ayah Faza-, jadilah pas di rumah Nenek, aku beli buah aja.

Acaranya dimulai sudah lepas Zuhur karena nunggu kedatangan sodara-sodara Bulang yang lain. Yang terakhir datang Bulang Uda. Ini adaah adik Bulang yang terkecil. Bulang sendiri artinya Kakek. Abis itu, baru deh dimulai baca doa untuk Etek Tatik trus dilanjut kesan-kesan mereka yang pernah bertemu Etek. Abis itu semua, baru deh menuju meja makan. Hari itu, Bunda I nyiapian nasi timbel. Jadi nasinya dibungkus daun pisang, lumayan gede buat ukuranku mah, huehehe.. Trus lauknya bergaya Minang dan Karo. Mulai dari cincang yang berupa gule jeroan, bebek cabe ijo, daun singkong rebus, buncis diacar sampe cipera yang isinya ayam dan jamur dibumbu cabe rawit dan bawang. Mmm.. yummy lah meski ga boleh digeber. Bersantan-santan boww.. Meski rada pedes, tapi Faza cukup suka dengan cipera buatan Kak Sabeth.

Kami pulang baru selepas Maghrib, setelah rumah beres. Soalnya Nenek kan cuma bertiga tuh sama Bunda Kiki dan Bunda Ayu. Sementara keduanya ga ikut serta dalam pertemuan karena ada kerjaan. Nah, dua mba Faza ini sengaja dibawa untuk ikut bantu-bantu itu. Selain itu, karena ada kecelakaan kecil yang menimpa Bunda Ade. Ceritanya, kami semua mberesin perlengkapan yang sudah dicuci untuk ditaro lagi ke lokasi semula. Bunda Ade kebagian nyimpen gelas-gelas. Eh ga dinyana, ada gelas yang meleset dipegang dan jatuh nimpa kaki Bunda. Itu darah segernya, walaaaahhh.. buanyaaaakkk banget. Jadi aku mbantuin P3K-nya dulu. Handuk yang kupake untuk mbersihin luka Bunda sampe belepotan darah. Kayanya sih sobekan lukanya rada nyentuh urat nadi, jadi darahnya keluar terus. Fffuuiihh.. untung ga brapa lama, darah mulai berhenti. Faza sampe ternganga-nganga dan dengan gaya curiousnya bertanya, "Darahnya mana?", huehehe.. Kata Bunda, "Faza engga takut darah ya..". Hhhmm Bunda, Bunda, Faza gitu lo, huehehehe..

Selepas Maghrib, baru kami beranjak pulang. Syukur deh, jalanan lancar banget. Dalam waktu sekitar setengah jam, kami sudah keluar tol Cibubur. Nyusurin jalan Raya Cibubur-Cileungsi yang biasanya padet banget, malam itu kami melenggang. Ah, andai tiap hari begini.. Faza udah terlelap ga brapa lama keluar dari rumah Nenek. Pasti cape banget karena selama di rumah Nenek, Faza engga tidur. Sementara dua mbanya juga kusuruh tidur aja karena pasti kelelahan. Eh tapi ga taunya, begitu sampe rumah dan Faza dibopong masuk, malah bangun lagi. Weleehh.. Tapi itu ternyata ga berlangsung lama. Begitu masuk kamar, kesana kemari bentar, abis itu langsung deh.. lelaaaappp..

0 comments: