Tuesday, March 27, 2007

Jatuh

Semalem, Faza jatuh dari tempat tidur. Aduuhh.. sedih banget. Yang tambah bikin engga tega karena nangisnya Faza sampe kejeeerrr banget. Sampe nahan napas beberapa saat -mungkin saking sakit dan kagetnya- trus baru keluar tangisnya yang super kuenceenngg.. Mungkin tangisnya ini juga karena antara sadar dan engga diantara tidurnya. Aduh, padahal udah dijaga-jagain supaya engga jatuh lagi. Sejak usia sekitar tujuh bulan, Faza sudah jatuh sampe sekitar lima kali. Terakhir sekitar setahun lalu. Makanya itu, ini dijagain banget supaya engga jatuh lagi. Kasian banget kalo baaakk buuukkk baaakk buukk mulu..

Belajar dari pengalaman, setiap Faza jatuh, aku usahakan supaya tetep tenang dan engga panik. Dari banyak ilmu yang kudapat, ketika anak jatuh, yang harus diperhatikan adalah kondisi pasca jatuh. Apakah anak jadi berubah sikap dan tingkahnya, apakah ada demam atau ada tanda lain yang engga biasa. Alhamdulillah, observasiku sejak semalem sampai tadi siang, Faza tetep aktif bergerak kesana kemari. Engga mengeluh. Semalem sih sempet ngeluh, "Sakit kepalanya, Ma..". Tapi setelah dielus-elus, Faza langsung tidur lagi.

Pagi tadi, bangun tidur, Faza langsung inget kejadian semalem.
"Jatuh semalem.. Sakit..," kata Faza sambil ngelus kepalanya.
"Pusing engga kepalanya?" tanyaku. Faza menggeleng. Waktu kutanya lagi dimana sakitnya, Faza engga mengeluh. Dipegang di beberapa bagian di kepalanya juga engga ada yang dikeluhkan. Mudah-mudahan tetep baik-baik saja. Amien..

Sejak jaman jatuh pertama kali dulu, Faza biasanya kupijit ke seorang pemijat yang udah nenek-nenek sepuh. Di sekitar Jatiwarna. Biasa dipanggil Empik. Setiap Faza dipijit, itu tangisnyaaaaa, walaaahh.. kemana-mana deh. Pemijatan itu terus jadi rutin, setidaknya sebulan sekali. Jadi bukan sekedar kalo jatuh aja. Demi melenturkan badan dan melemaskan otot-otot badan Faza yang terus berkembang. Apalagi waktu tambah usia, polah Faza kan juga nambah energik tuh. Nah, kalo dipijit jadi lebih nyaman. Otot-otot dan badan yang mulai bergerak kesana kemari, dikembalikan lagi, dilemaskan lagi. Alhasil, tidurnya lebih nyenyak dan siap beraktifitas full energi lagi. Meski untuk dipijit sih butuh perjuangan ekstra tenaga. Apa bole buat, Faza terus berontak kalo udah berhadapan dengan Empik. Apalagi waktu Faza udah mulai bisa jalan, wah, maunya lari aja tuh begitu liat Empik. Belum lagi tenaga Faza kan juga tambah kuat tuh. Makanya si Empik juga mesti mempertaruhkan banyak tenaga buat 'mengendalikan' Faza. Itu juga dibantu sama emak bapaknya Faza. Biar dikasi boneka, dikasi mainan, tetep ga ampuh tuh.. Ampuhnya tu kalo pemijatan udah selese dan Faza dadah dadah sama si Empik dan beranjak pulang, nah baru Faza sangat tenang, meski air mata berontaknya masih di pelupuk mata, huehehe..

Udah lama banget jadinya Faza engga ke Empik. Setelah kejadian semalem, jadi mau lagi nih bawa Faza ke Empik. Cuma mikir juga, gimana nanti kalo Faza meronta-ronta ya. Bukan apa-apa, tapi sekarang ini Faza kan sudah makin lincah aja. Jalan dan lari sudah jadi menu harian. Nah, kalo berhadapan dengan Empik, waduuuhh.. gimana ya biar bisa tetep anteng. Dipegangin emak bapaknya sih pasti, cuma kan tetep aja berontaknya pasti kian kenceng tuh. Mmmm.. gimana ya caranya..

0 comments: